✔ Doa Dibaca Ketika Mendengar Suara Petir - Juragan Do'a -->

✔ Doa Dibaca Ketika Mendengar Suara Petir

Daftar Isi [Tampil]

Doa Dibaca Ketika Mendengar Suara Petir - Juragan Doa. Sebagian besar dari kita pasti sudah tahu apakah itu yang namanya petir, makhluk Allah SWT yang satu ini memang kehadirannya membuat hampir membuat semua pengisi bumi ini kaget dan takut.


Bagaimana tidak, suara ledakan guntur yang memekakkan telinga biasanya disertai sekilas kilatan cahaya di atas langit. Kita semua khawatir ketika ada petir sebabnya kita tahu bahaya yang ditimbulkan jika tersambar petir. Resikonya hampir dipastikan jarang yang selamat karena mengalami kebakaran yang sangat parah. 


Jangankan makhluk hidup seperti manusia atau pun hewan, tumbuh tumbuhan bahkan bangunan bisa menyebabkan kehancuran disertai terbakar.


Jika kita baca penyebab terjadinya petir dari segi pengetahuan alam adalah karena adanya awan yang bermuatan aliran listrik positif dan negatif, ketika terjadinya sambaran petir baik ditempat yang kosong maupun mengenai tumbuhan, hewan dan manusia itu adalah percikan aliran listrik negatif akibat dari benturan aliran positif dan negatif yang terdapat pada awan tersebut.


Selanjutnya bagaimana proses terjadinya petis menurut pandangan Agaman Islam, jika kita membaca Hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi petir adalah merupakan dari suara para Malaikat yang sedang bertasbih kepada Allah, Malaikat yang ditugaskan oleh Allah SWT untuk mengatur susunan atau posisi awan dan haditsnya sbb:


Dalam haditsnya, Rasulullah SAW menyebut petir sebagai suara para malaikat. "Ar-Ra'du (petir) adalah malaikat yang diberi tugas mengurus awan dan bersamanya pengoyak dari api yang memindahkan awan sesuai dengan kehendak Allah." (HR Tirmizi)


Maka dari itu Imam Nawawi menganjurkan Doa yang dibaca ketika mendengar petir, beliau menyebutkan dalam kitabnya Al-Azkar, doa tersebut ada tiga diantaranya sebagaimana dibawah ini:

doa dibaca ketika mendengar suara petir


Doa Dibaca Ketika Mendengar Suara Petir # Pertama

Allahumma la taqtulna bi ghadhobika wala tuhlikna bi a’zabika wa a’fina qobla zalika 


Arti Doa Dibaca Ketika Mendengar Suara Petir # Pertama

“Ya Allah, jangan bunuh kami dengan murkaMu, dan jangan binasakan kami dengan azab-Mu, dan maafkanlah kami sebelum itu.” 


Doa tersebut diriwayatkan Imam Tirmidzi dari Ibnu Umar. 


Doa Dibaca Ketika Mendengar Suara Petir # Kedua

doa dibaca ketika mendengar suara petir arab

Subhana man sabbahat lahu. 


Arti Doa Dibaca Ketika Mendengar Suara Petir # Kedua

“Maha suci zat yang mana petir bertasbih kepada-Nya". 


Doa ini disebutkan oleh Imam Syafii dalam kitab Al Umm yang bersumber dari ulama kalangan tabiin, yaitu Imam Thawus. 


Doa Dibaca Ketika Mendengar Suara Petir # Ketiga

doa dibaca ketika mendengar suara petir arab 2

Subhanalladzi yusabbihur ro’du bi hamdihii wal malaaikatu min khiifatihi 


Arti Doa Dibaca Ketika Mendengar Suara Petir # Ketiga

“Mahasuci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya.” 

Doa ini terdapat dalam kitab Almuwaththa’ dari sahabat Abdullah bin Zubair. Ketika mendengar petir beliau membaca doa tersebut: 


Semoga kita semua dihindarkan oleh Allah SWT dari musibah yang disebabkan oleh petir dan yang lainnya, sebab doa yang dibaca ketika kita mendengar petir dan utamannya karena kasih sayang Allah SWT.


Salam - Juragan Doa


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel