✔ Jangan Bilang OTW Mau Pergi Tapi BMW, Bismillahi Majreha Wa Mursaha - Juragan Do'a -->

✔ Jangan Bilang OTW Mau Pergi Tapi BMW, Bismillahi Majreha Wa Mursaha

Daftar Isi [Tampil]

BMW-Bismillahi Majreha Wa Mursaha, Kalau Mau Pergi Baca Ini Jangan OTW - Juragan Doa. Kita hidup pada zaman yang serba modern pada Abad ini, transportasi dari berbagai bentuk sangat banyak tersedia hampir di seluruh Nusantara yang kita cintai ini. Kita lihat untuk angkutan untuk jenis darat dari mulai yang terkecil kapasitasnya seprti Gojek, Angkot, BUS sampai layanan transportasi kereta api. Begitu juga untuk layanan udara tersedia pesawat terbang dari harga layanannya yang bertarif ekonomi sampai kelas bisa dan eksekutif.

Tidak lupa pula yang melayani kita dilautan yaitu Kapal Laut, kesemuanya ini mendorong kita sebagai makhluk sosial untuk sering bepergian dengan berbagai alasan keperluan. Entah itu momen spesial seperti hari-hari besar keagamaan dari berbagai jenis agama, ataupun waktunya liburan anak-anak sekolah. Masa-masa seperti itu akan menuntut kita lebih banyak menggunakan transportasi atau menaiki kendaraan, baik umum maupun pribadi.

Diberbagai media sehari-hari hampir kita selalu membaca dan mendengar berita yang berkenaan dengan transportasi ini, menakutkan memang. Tapi tidak mungkin kita akan membatalkan keperluan kita yang sudah kita rencakan dari jauh-jauh hari. Entah itu hanya untuk berplesir mengunjungi tempat-tempat wisata, ataupun mengunjungi sanak saudara, keluarga ibu-bapak di kampung halaman yang lama tidak bertemu karena kita tinggal merantau di Kota.

Maka dari itu hendaknya kita selalu waspada atas semua kecelakaan yang sering terjadi, periksalah kondisi kendaraan kita baik motor maupun mobil pribadi yang kita gunakan. Begitu juga untuk para pemilik kendaraan umum tolong perhatikan keselamatan penumpang-penumpang Anda, periksalah secara berkala kondisi kendaraan yang Anda gunakan sebagai pencari nafkah halal untuk makan anak dan keluarga Anda.

Sebagai nambahan usaha batin, janganlah lupa ketika hendak menaiki kendaraan jangan mengucapakn OTW, rubahlah menjad BMW atau Bismillahi Majreha Wa Mursaha. Inilah yang diajarkan rasul kita Muhammad SAW sebagaimana Hadist berikut:

Berkata Rasulullah saw.: "Umatku akan selamat (tidak tenggelam) apabila mereka menaiki bahtera supaya membaca "bismillahil malikirrahmanirrahim, bismillahi majreha wa mursaha innahu lagafururrahim".

(H.R. At Tabrani dari Ali)


Arti hadist diatas tadi merupakan penjelasan  dari QS. Hud (Nabi Hud) ayat 41 yang berbunyi:

وَقَالَ ارۡكَبُوۡا فِيۡهَا بِسۡمِ اللّٰهِ مَجْرٖٮٰھَا وَمُرۡسٰٮهَا ‌ؕ اِنَّ رَبِّىۡ لَـغَفُوۡرٌ رَّحِيۡمٌ

Artinya:

Dan dia berkata, "Naiklah kamu semua ke dalamnya (kapal) dengan (menyebut) nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang."

“Maksudnya, ucapkanlah ‘bismillah‘ ketika mulai berlayar dan ucapkanlah ‘bismillah‘ ketika mengakhiri berlayar, yaitu ketika berlabuh” (Tafsir Ibnu Katsir, 4/322).

Maka dari hendaknya jika kita hendak bepergian dekat atau dekat, menaiki kendaraan pribadi maupun umum, jangan lupa untuk membaca doa yang telah diajarkan Nabi. Sebagai bentuk kepasrahan kita kepada Allah SWT dan memohon perlindunganNya.

Doa Menaiki Kendaraan Darat, Laut dan Udara Arab

Doa Bepergian Menaiki Kendaraan Darat, Laut dan Udara Arab

Doa Menaiki Kendaraan Darat, Laut dan Udara Latin

Bismillahi majreha wa mursaha inna rabbi lagafururrahim

Arti Doa Menaiki Kendaraan Darat, Laut dan Udara Latin

"Dengan (menyebut) nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang."

Demikianlah sharing kami pada postingan kali ini mengenai Bismillahi majreha wa mursaha inna rabbi lagafururrahim, yaitu sebuah doa sudah dimaklumi dan anjurkan oleh para ulama dan ustad sebagai doa yang dibaca ketika kita hendak naik kendaraan, baik darat, laut dan udara.

Wassalam - Juragan Doa



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel