✔ Doa Dibaca Akhir Ketika Tahun - Juragan Do'a -->

✔ Doa Dibaca Akhir Ketika Tahun

Daftar Isi [Tampil]

Alhamdulillah tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki sebuah masa, masa disini yang kami maksudkan disini adalah hitungan waktu. Waktu itu yang selalu rutin yang biasa kita sebut dengan tahun. Yup benar sekali Tahun 2020 tidak akan lama lagi akan segera berakhir hanya hitungan tidak sampai 3 bulan ke depan, kita mengakui bahwa pada tahun 2020 ini agak sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini ada yang baru karena datangnya virus corona, sehingga ini manjadikan hampir sendi kehidupan kita berubah total.

Tapi pada kesempatan bukan tentang covid-19 nya akan akan kita bahas, tapi lebih kepada pengingat buat kita semua, terutama buat penulis sendiri sejauh sama diri ini sudah berbuat untuk orang lain. Hal terpentingnya adalah intropeksi diri sendiri sebelum orang lain atau dengan hal-hal yang terpaksa membuat diri ini menyadari meski dengan keterpaksaan.

Marilah di akhir tahun 2020 ini kita mencoba menyibak kembali lembaran-lembaran yang sudah kita lewati baik secara individu maupun kehidupan kita dalam keluarga dan bermasyarakat. Adakah kerja nyata kita untuk orang sekitar kita? atau tidak pernah ada yang berubah kita masih menjadi bagian kesulitan untuk orang lain.

Jika kita merasa pada tahun 2020 ini belum bisa berbuat banyak dalam memberikan sumbangsih kepada lingkungan kita, maka dari itu saat ini adalah moment yang tepat untuk menanyakan hal apa yang bisa dilakukan pada akhir tahun 2020 ini.

Catatlah, lalu camkan dan segeralah lakukan supaya pada akhir 2020 ini menjadi sebuah prestasi besar terutama buat diri pribadi kita, sehabis itu lupakanlah jangan lagi kita menuntut sebuah penghargaan dari kebaikan yang sudah pernah kita lakukan. Biarlah Allah yang menjadi saksi satu-satunya kebaikan kita.


Selanjutnya sekuat apapun diri kita berusaha untuk mendapatkan yang terbaik, menginginkan yang paling spesial menurut pandangan manusiawi kita, namun jika sang penentu Allah SWT belum berkenan maka segala usaha kita akan menjadi sia-sia belaka, maka dari itu agar terlepas dari kesombongan yang tidak kita sadari selama ini. Hendaknya mulai sekarang kita memohon kepada Allah agar tahun 2020 yang sudah kita lalui separuhnya ini Allah ridhoi, dan mengampuni segala kekhilafan kita.

Doa Akhir Tahun Arab

Doa Dibaca Akhir Ketikta Tahun


Dan kita juga berdoa nanti pada Awal tahun 2021 supaya yang kita lewat lebih dipermudah, covid 19 Allah sirnakan, yang tersisa hanya puing-puing kebaikan yang ditinggalkan oleh sang musibah yang tidak kita kehendaki selama ini.

Bacaan Doa Dibaca Akhir Tahun 2020

Bacaan Doa DiBaca Akhir Tahun Arab

وَصَاَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ دَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ , اَلَّلهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِي عَنْهُ فَمَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَاَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلَمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُو بَتِى اِلَي اتَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْاَتِىْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَاءِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَىْهِ الثَّوَابَ فَاَسْئَلُكَ اَلَّلهُمَّ يَا كَرِيْمُ يَاذَاالْجَلَالِ وَالْاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعْ رَجَائِىْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِىِّ الْاُمِّىِّ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ

Bacaan Doa Dibaca Akhir Tahun Latin

“Wa shalallaahu ‘alaa sayyìdìnaa Muhammadìn wa ‘alaa aalìhìì wa shahbìhìì wa salam.

Allahumma maa ‘amìltu fìì haadzìhìs sanatìlmìmmaa nahaìtanìì ‘anhu falam atub mìnhu walam tardlahu walam tansahuu wahalìmta ‘alayya ba’da qudratìka ‘alaa ‘uquubatìì wada’ antanìì ìlattaubatì mìnhu ba’da juratìì ‘alaa ma’shìyatìka faìnnìì astaghfìruka faghfìrlì.

Wamaa ‘amìltu fììhaa mìmmaa tardlaa hu wawa’ adtanìì ‘alaìhìts tsawaaba fa as alukallaahumma yaa karììmu yaa dzal jalaa lì walìkraamì an tataqabbalaahu ‘alaa sayyìdìnaa Muhammadìn nabìyyìl ummìyyì wa ‘alaa ‘aalìhì wa shahbìhìì wa sallam.”

Arti Bacaan Doa Dibaca Akhir Tahun

Semoga rahmat dan salam tercurahkan kepada junjungan kami dan tuan kami, Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya.

Ya Allah, laranglah apapun yang telah kulakukan pada tahun ini, sedang aku tidak bertaubat darinya, dan Engkau tidak meridhainya, tidak melupakannya dan Engkau berbelas kasih kepadaku padahal engkau berkuasa untuk menghukumku, dan Engkau telah menyeru kepadaku agar bertaubat setelah aku berani berbuat durhaka kepada-Mu.

Maka sesungguhnya sekarang aku memohon ampun kepada-Mu, ampunilah aku.

Apapun yang telah kulakukan pada tahun ini, dan telah Engkau janjikan pahalanya kepadaku, maka aku memohon kepada-Mu, Ya Allah, wahai yang Maha Mulia, wahai yang memiliki Kebesaran dan Kemuliaan, mohon Engkau menerimanya, dan janganlah Engkau putuskan harapanku kepada-Mu wahai Yang Maha Mulia.”


Hukum Membaca Doa Akhir Tahun

Selanjutnya mungkin akan selalu ada yang bertanya, "Emang ada dalilnya?" atau hukumnya seperti apa membaca Membaca Doa Akhir Tahun 2020 itu? sebetulnya sih kalau kita jawab menggunakan akal saja sudah cukup terjawab, misal kita jawab; ya namanya juga berdoa siapa sih yang melarang bahkan sangat di anjurkan, selama kandungan isi doa tersebut yang baik-baik.

Sok ada yang membantah tidak alasan diatas? tapi baiklah jika harus selalu ada hadist atau perintah dalam Al-Qurannya gitu, coba coba carikan ya apa dasarnya supa lebih mak nyosss dalam melaksanakan membaca doa akhir tahun ini.

Siip dibawah ini juga buat sebagai dasar untuk kita mengamalkan membaca doa pada saat akhir tahun akan tiba.

Hadis Pertama bahwa Nabi berdoa di awal tahun

عَنْ طَلْحَةَ بْنِ عُبَيْدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا رَأَى الْهِلاَلَ قَالَ: ” اَللهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَاْلإِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَاْلإِسْلاَمِ رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ ” رواه الدارمي والترمذي وقال: حديث حسن

Dari Thalhah bin Ubaidillah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam apabila melihat hilal (bulan pada tanggal 1, 2 dan 3), maka beliau berdoa: “Ya Allah, perlihatlah bulan ini kepada kami dengan kebahagiaan, keimanan, keselamatan dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.” (HR. al-Darimi [1730] dan al-Tirmidzi [3451]. Al-Tirmidzi berkata: “Hadits ini hasan”.).

Tata Cara Membaca Doa Akhir Tahun

Secara khusus memang tidak ada tuntunannya yaitu mengenai tata cara membaca doa akhir tahun ini, ya jika memang anda mau mengkhususkan waktu tertentu misal, pada malam hari anda bangun malam, terus melaksanakan sholat Hajat dan Tahajjud lalu bermunajat kepada sag pemilih langit dan bumi, mengumandangkan Doa akhir Tahun 2020 seperti yang diatas, itu sudah sangat bagus sekali.

Atau sehabis sholat maghrib, misal besoknya jatuh tahun baru, silahkan bisa untuk membaca Doa Akhir tahun 2020 ini. Janglah lupa penuhi adab-adab yang sebaiknya dilakukan ketika membaca akhir tahun, sebenarnya tidak hanya pada bab bagian ini saja adabnya, pada setiap doa-doa yang kita penjatkan hendaknya selalu kita penuhi adabnya.

Dan akhirnya banyak lagi yang bisa lakukan untuk menambah timbangan amal kebaikan kita diantaranya dengan memperbaiki Amalan dan Ibadah kita setiap saat dan setiap harinya, meluruskan Niat yang Baik semata-mata karena Allah tidak untuk yang lain, senantiasa menyadari serta bertaubat pada dosa yang telah kita perbuat selama setahun 2020 ini, tingkatkan amal shaleh baik secara hubungan dengan Allah dan dengan manusia, jika orang tua kita masih ada alangkah lebih eloknya kita kunjungi dan meminta maaf kepada kedua orang tua, dan selanjutnya  dan semua Orang.

Keutamaan Doa Akhir Tahun

Dalam kita melaksanakan sesuatu amal ibadah tentunya dasar awalnya pasti manfaat dan mudharat, jika tidak ada manfaat atau nila kebaikannya pasti kita enggan dalam melaksanakannya. Tentu dalam melaksanakan doa pada akhir tahun juga sama, kita harus mengerti keutamaan apa yang akan kita dapat? nah berikut ini kami sampaikan jika kita bisa melaksanakan atau membaca doa akhir tahun pada 2020 ini, hati dan jiwa kita akan lebih merasa bersyukur dan selalu ingat terhadap Allah SWT, diri ini juga akan senantiasa menyadarkan kita sebagai manusia bahwa segala sesuatu bersandar atas kuasa Allah, dan yang terakhir keutamaan doa akhir tahun 2020 ini lebih meyakinkan kita sebagai yang beriman bahwa kita  senantiasa harus berserah pasrah serendah-rendahnya dihadapan Allah SWT.

Salam - Juragan Doa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel