✓ Doa Dibaca Ketika Hendak Memasuki Pasar - Juragan Do'a -->

✓ Doa Dibaca Ketika Hendak Memasuki Pasar

Daftar Isi [Tampil]

Doa Dibaca Ketika Hendak Memasuki Pasar - Kita hidup sebagai makhluk sosial dimana berarti kita tidak dapat hidup sendirian dan membutuhkan bantuan orang lain. Selain itu kita juga hidup butuh untuk pergi ke banyak tempat atau berpindah tempat karena hal-hal yang dibutuhkan. Ini menyebabkan kita harus melakukan hubungan timbal balik atau interaksi dengan manusia lain. Salah satu tempat yang menjadi interaksi bagi banyak orang adalah pasar.


Jika ditanya soal pengertian pasar tentu Kita semua akan membayangkan sebuah tempat yang ramai dengan menjual berbagai macam barang dan juga banyak orang yang datang sebagai pembeli atau sekadar melihat-lihat. Iya pasar merupakan salah satu tempat terjadinya muamalah Atau tempat terjadinya jual beli.

Pasar menjadi salah satu tempat yang butuh untuk kita datangi namun pasar juga bisa menjadi salah satu tempat yang menimbulkan keburukan atau dosa bagi kita. Dosa seperti apa yang dapat ditimbulkan dari pasar? Salah satunya adalah contoh dosa karena menipu. Kita semua tentu tahu bahwa seringkali ada kejadian tipu-menipu di pasar entah itu pembeli yang menipu penjual bahwa ia sudah membayar barangnya atau penjual yang menipu pembeli soal barang dagangannya. Hal ini juga membuat sebagian orang merasa takut untuk pergi ke pasar karena ada beberapa kejahatan yang sangat rawan terjadi di pasar.

Namun ada juga banyak pasar yang sangat ketat penjagaannya dan aman. Pasar juga memiliki beberapa jenis seperti ada pasar tradisional dan pasar modern. Kita juga mengetahui beberapa macam pasar seperti pasar mingguan, pasar tahunan, Atau pasar bulanan.

Lalu Bagaimana cara kita menghadapi atau mencegah kejahatan kejahatan yang terjadi di pasar tersebut? Yang bisa kita lakukan selain menjaga diri kita dengan baik dan tidak terlihat terlalu mencolok adalah dengan cara membaca doa masuk pasar. Doa masuk pasar dapat menjadi salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri kita dari berbagai macam kemungkinan yang terjadi di pasar karena pasar merupakan salah satu tempat di mana kita harus berhati-hati. Bagaimanakah bacaan doa masuk pasar tersebut? Berikut ini bacaan doa masuk pasar lengkap latin Arab dan terjemahannya.

Bacaan Doa Masuk Pasar Arab

Bacaan Doa Masuk Pasar

Bacaan Doa Masuk Pasar Latin

Laa Ilaaha Illallaahu Wahdahu Laa Syariika Lahu, Lahulmulku Walahulhamdu, Yuhyii Wa Yumiitu Wa Huwa Hayyun Laa Yamuutu, Biyadihil Khaiir, Wa Huwa ‘Ala Kulli Syai’in Qodiir.

Arti Bacaan Doa Masuk Pasar

Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, yang Esa, yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Hanya milik-Nya segala kekuasaan dan pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Mematikan. Dia Yang Maha Hidup, yang tidak akan pernah mati. Di tangan-Nya kebaikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Kebaikan dan Keburukan Pasar

Selain doa masuk pasar tersebut ada juga sebuah hadis yang mengatakan;

Doa Terhindar dari Kebaikan dan Keburukan Pasar

Artinya :


“Barangsiapa yang ketika masuk pasar, kemudian dia membaca, ‘La ilaha illahu wahdahu la syarikalahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir’ Allah akan mencatat untuknya satu juta kebaikan, dan menghapuskan darinya satu juta keburukan.”

Maka salah satu dari kebaikan pasar adalah bahwa kita dapat mengambil keuntungan di dalamnya dengan melakukan jual-beli tentu saja sesuai dengan Syariat agama. Itu dan membaca doa masuk pasar kita juga akan senantiasa untuk mengingat Allah saat kita berada di dalam pasar. Kegiatan di pasar juga mengajarkan kita untuk menjadi seseorang yang jujur amanah dan bertanggung jawab.

Sedangkan keburukan-keburukan yang bisa terjadi di pasar ialah ditimbulkan oleh orang-orang yang ada di dalamnya sendiri seperti bentuk kecurangan yang didasari oleh bisikan dari setan dan juga banyaknya kejahatan kejahatan yang terjadi di pasar karena kurangnya kesadaran. Hal ini dapat kita minimalisir dan dapat menjaga diri kita dengan membaca doa masuk pasar.

Sedangkan menjadi penjual di pasar bukanlah suatu keburukan melainkan suatu kebaikan dan dapat mendapatkan kemuliaan dikarenakan apabila ia melakukannya dengan jujur dan sesuai syariat Islam maka itu artinya ia telah melakukan kewajiban untuk mencari rezeki secara halal dan akan mendapatkan pahala dari Allah.

Semoga kita semua dapat mengambil baik buruknya dari pasar dan dapat memilah dengan baik serta menjaga diri kita dari segala macam kejahatan dan juga bersama-sama untuk melakukan kebaikan dan menebarkan kemuliaan dari hal yang kecil.

Semoga bermanfaat - Juragandoa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel