✔ 9 Doa Paling Utama Mustajab - Juragan Do'a -->

✔ 9 Doa Paling Utama Mustajab

Daftar Isi [Tampil]

Doa Paling Utama - Tujuan manusia hidup di dunia ini tidak lain dan tidak bukan ialah juga untuk beribadah. Ibadah bukan hanya tentang salat melainkan segala aspek yang yang membawa Allah SWT di dalamnya. Salah satu ibadah yang paling mudah dilakukan dan selalu kita kerjakan ialah berdoa. Kegiatan meminta kepada Allah entah itu untuk kesehatan untuk kelancaran atau untuk sesuatu yang sedang kita inginkan. Berdoa juga sudah seperti menjadi aktivitas utama kita terlebih selepas salat lima waktu.

Doa juga bisa menjadi salah satu sarana kita untuk bercerita kepada Allah. Tentu saja banyak hal yang ingin kita ceritakan kepada Allah apalagi ketika kita sedang memiliki masalah dan tidak memiliki seseorang sebagai tempat bercerita kita. Maka tempat yang paling tepat untuk kita menuangkan segala isi pikiran dan hati kita ialah kepada Allah.

Berdoa juga akan membuat kita merasa lebih dekat dengan Allah dan membuat kita merasa lebih aman dan lega setelah menceritakan keluh kesah kita kepada Allah. Dan dari sekian banyak doa yang ada, ada beberapa doa yang yang paling utama dan dianjurkan oleh RasulullahSAW. Setelah kita sebelumnya pernah membahas syarat agar doa terkabulkan dan waktu yang mustajab untuk berdoa maka sekarang akan kita jabarkan mengenai doa yang paling utama yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Berikut 9 Doa Paling Utama Untuk Umat Muslim

1. Dzikir Terbaik

Kita semua tentu tahu ada ada besar sekali kekuatan dari dzikir, Selain itu dzikir juga Salah satu ibadah yang paling mudah untuk dilakukan karena dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Dzikir juga menjadi salah satu senjata ampuh untuk mematikan dan obat yang mujarab untuk menenangkan hati dan pikiran. Salah satu dzikir terbaik yang dapat kita baca adalah bacaan :


“La ilaha illallah”

Artinya:

“Tidak ada yang patut disembah kecuali Allah”

 2. Permohonan Terbaik

Kalimat permohonan terbaik yang dapat kita baca juga adalah dengan bersyukur. Seperti yang kita ketahui kita bisa bersyukur dengan membaca bacaan

الحمدلله

“Al-ḥamdulillah”

Artinya:

“Semua pujian adalah karena Allah”

Iya baik alhamdulillah dan menjadi salah satu doa yang sama juga dapat kita baca karena selain meminta bukankah kita juga harus berterima kasih atas apa yang sudah Allah berikan?

 3. Ayat Kursi Sebagai Ayat paling Utama

Kita semua tahu bahwa ayat kursi memiliki manfaat dan kekuatan yang sangat besar. Ayat Kursi menjadi salah satu ayat yang paling utama dan paling mulia yang disarankan untuk sering kita baca. Banyak kali Fadila dan keuntungan yang dapat kita ambil dari rajin mengamalkan ayat kursi. Berikut ini bacaan ayat Kursi

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Artinya:

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya.”

 4. Doa Terbaik Untuk Memuliakan Allah nya

Allah memiliki banyak sekali kebesaran yang tidak terkira lagi jumlahnya dan udah sewajarnya ketika kita meminta kepada Allah tidak lupa juga kita menyertakan kalimat-kalimat yang memuliakan ilmu. Tersebut dapat dilakukan dengan bacaan seperti berikut:




“Subhana Allah wa bihamdihi adada khalqihi wa rida nafsihi wa zinata arshihi wa midada kalimatihi.”


Artinya:

“Dengan pujian-Nya, sebanyak jumlah makhluk-Nya, sesuai dengan kesenangan Baik-Nya, sama dengan berat Tahta-Nya dan sama dengan tinta yang dapat digunakan dalam mernulis kata-kata (Untuk PujianNya)”.

 5. Doa Terbaik

Pernah mendengar doa sapu jagat? Doa Sapu Jagad juga dikatakan salah satu doa yang memiliki kekuatan besar dan sudah banyak diamalkan oleh umat muslim 21 jaket juga dikatakan menjadi salah satu doa terbaik yang dapat dibaca oleh umat Islam. Berikut ini bacakan doa sapu jagat

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Rabbana atina fid dunya hasanatan wafil akhirati hasanatan waqina adhaban-nar.”

Artinya:

“Ya Tuhan kami, berikan kami yang terbaik di kehidupan ini dan yang terbaik di kehidupan selanjutnya, dan lindungi kami dari hukuman Api.” (Al-Bukhari dan Muslim).

 6. Doa Terbaik Untuk Depresi

 

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

”La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minaz zhalimin.”

Artinya:

“”Ya Allah, Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Allah. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku termasuk golongan orang yang zalim.”

 7. Doa Terbaik Untuk Pengampunan dengan membaca Sayyidul istighfar

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda;

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

“Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta khalaqtani wa an abduk wa ana ala ahdika wa wa’dika ma istata’tu, a’udhu bika min sharri ma sana’tu, abou ‘laka bi ni’matika alaya, wa abou’u bi dhanbi , fa-ghfir li, fa innahu la yaghfiru dhunuba illa anta.”

Artinya:

“Ya Allah, Kamu adalah Tuhanku. Tidak ada yang berhak disembah kecuali Anda. Anda menciptakan saya dan saya adalah pelayan Anda dan saya mematuhi perjanjian dan janji Anda sebaik mungkin.”

“Saya mencari perlindungan-Mu dari kejahatan, yang telah saya lakukan. Saya mengakui kebaikan Anda pada saya dan saya mengetahui dosa-dosa saya, jadi maafkan saya, karena sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Anda.”

Jika seseorang mengucapkan doa sayyidul istighfar ini pada malam hari, dan jika dia harus mati, dia akan pergi ke Surga. Dan jika dia membacanya di pagi hari, dan jika dia harus mati pada hari yang sama, dia akan memiliki nasib yang sama. “(Al-Bukhari)

 8. Doa Terbaik Untuk Perlindungan

Ketika kita merasa sedang dalam bahaya atau sedang butuh sebuah perlindungan maka tempat terbaik yang dapat kita minta perlindungan adalah kepada Allah untuk Meminta perlindungan kepada Allah kita juga dapat membaca doa berikut

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلا فِي الْسَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

“Bismi Allah alladhi la yadorru ma’a ismihi shay ’fil ardi wala fi sama wa wa huwa sami’u al alim.”

Artinya:

“Dalam Nama Allah dengan Nama siapa ada perlindungan terhadap setiap jenis bahaya di bumi atau di surga, dan Dia adalah Maha Mendengar dan Yang Tahu segalanya,’ tidak ada yang akan menyakitinya”. (Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

 9. Doa Terbaik Untuk Kedamaian

La hawla wa la quwwata illa bi Allah al ‘aliyyi al adhim.”

Artinya:

Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang maha tinggi lagi maha agung.

 Setelah mengetahui ke-9 doa terbaik tadi Semoga kita semua dapat mengamalkannya dan mengambil yang baik dari doa-doa tersebut. Semoga dengan ini kita semakin dekat dengan Allah dan semua masalah yang ada pada kita juga akan segera ditemukan jalan keluarnya.

Tidak lupa  segala doa-doa hendaklah di barengi dengan upaya dan segala upaya tidak lepas dari panjatan doa.

Semoga bermanfaat - Juragandoa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel