✓ 8 Waktu Mustajab Ketika Berdoa dan Pengertian Doa - Juragan Do'a -->

✓ 8 Waktu Mustajab Ketika Berdoa dan Pengertian Doa

Daftar Isi [Tampil]

Pengertian Doa - Mungkin kebanyakan dari kita sering mendengar kalimat " Jangan berharap banyak sama manusia karena itu akan menimbulkan kekecewaan namun berharaplah kepada Allah karena hanya ialah yang tidak akan mendatangkan kekecewaan. " dari kalimat tersebut hal yang dapat kita peroleh adalah bahwa satu-satunya tempat yang harusnya menjadi pengharapan kita dan tempat kita berserah diri ialah kepada Allah semata karena allah-lah yang menciptakan kita Dan yang memberikan kita segalanya sehingga kita bisa hidup seperti ini.

Allah menjadi satu-satunya tempat umat muslim berserah diri dan menjadi satu-satunya tempat manusia meminta karena Allah Maha Pengasih. Meminta sesuatu yang sudah menjadi Keinginan kita atau target kita kepada Allah ah Sudah menjadi kebiasaan rutin kita. Biasanya kita melakukan hal tersebut seusai melaksanakan salat lima waktu. Kegiatan meminta kepada Allah tersebut sering juga disebut sebagai berdoa.

Pengertian Doa sendiri adalah meminta sesuatu yang menjadi hajat atau keinginan kita atau memanjatkan Harapan Kita kepada Allah SWT. Tentu saja kita sudah tidak asing dengan berdoa selain karena kita bisa melakukannya selepas salat lima waktu berdoa juga menjadi salah satu hal yang sangat Allah sukai dari makhlukNya.

Doa dapat menjadi senjata bagi orang muslim Mengapa demikian? Karena dalam doa kita bisa meminta apapun tentu saja dalam konteks baik, baik untuk diri kita ataupun orang lain. Ketika doa tersebut dikabulkan oleh Allah dan keinginan kita terjadi maka hal tersebut kayaknya kita berhasil menancapkan anak panah pada sasarannya.

Meski tidak ada aturan Kapan waktu diperbolehkannya kita untuk berdoa namun ada beberapa waktu baik yang dipercaya jika kita berdoa pada waktu itu maka Keinginan kita akan cepat diijabah. Waktu tersebut disebut dengan waktu mustajab ketika berdoa. Ada 8 waktu mustajab ketika berdoa hal tersebut akan kita bahas dibawah ini.

8 Waktu Mustajab Ketika Berdoa

Berdoa memang dibebaskan di mana pun dan kapan pun kita diperbolehkan untuk berdoa dan meminta kepada Allah. Namun jika kita ingin doa kita cepat didengar atau di Jabal ya Allah maka kita harus memperhatikan beberapa waktu mustajab untuk berdoa seperti berikut:

1. Waktu Sepertiga Malam Terakhir

Waktu mustajab untuk berdoa yang pertama adalah waktu sepertiga Malam Terakhir. Biasanya pada waktu ini ini banyak juga orang yang yang melaksanakan salat tahajud. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam:


Artinya:

“Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni‘” (HR. Bukhari no.1145, Muslim no. 758)

Dari hadis tersebut kita mengetahui bahwa Allah turun ke langit dunia pada waktu sepertiga malam akhir dan mengabulkan doa-doa yang hambanya panjatkan. Maka untuk itu ndak lah kita memanfaatkan waktu sepertiga malam untuk berdoa dengan baik Selain itu kita juga bisa melakukan salat tahajud sebagai nilai tambah ketika bangun di sepertiga malam.

2. Waktu Antara Adzan Dan Iqomah

 Waktu di antara adzan dan iqomah juga menjadi salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa hal ini juga didasarkan kepada sebuah hadis. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam:

الدعاء لا يرد بين الأذان والإقامة

Artinya:

“Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak” (HR. Tirmidzi, 212, ia berkata: “Hasan Shahih”)

Setelah membaca hadits tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa ketika kita berdoa di antara waktu adzan dan iqomah maka doa kita tidak tertolak.

3. Waktu Hari Jumat

Kita juga sering mendengar bahwa selain hari Senin hari Jumat menjadi salah satu harga istimewa. Ternyata hari Jumat juga menjadi salah satu waktu di mana doa kita dapat diijabah. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم ذكر يوم الجمعة ، فقال : فيه ساعة ، لا يوافقها عبد مسلم ، وهو قائم يصلي ، يسأل الله تعالى شيئا ، إلا أعطاه إياه . وأشار بيده يقللها

Artinya:

“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari  Jumat kemudian beliau bersabda: ‘Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta’. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut” (HR. Bukhari 935, Muslim 852 dari sahabat Abu Hurairah Radhiallahu’anhu)

Meski masih terjadi perdebatan dikarenakan waktu udah hari Jumat yang sebenarnya waktu itu menjadi waktu mustajab Tidak ada salahnya bagi kita untuk banyak berdoa juga pada hari Jumat dan memperbanyak shalawat kita.

4. Waktu Ketika Turun Hujan

Seperti yang kita ketahui bahwa hujan menjadi salah satu Rahmat besar yang Allah berikan kepada kita. Ada banyak sekali kebaikan yang terjadi saat hujan seperti hujan yang turun mampu menyegarkan tumbuhan-tumbuhan mampu membuat udara menjadi lebih sejuk, dan banyak hal lain yang dapat kita ambil dari hujan. Meski begitu tidak dipungkiri juga bahwa banyak orang yang merasa kesal dan tidak menyukai hujan. Padahal hujan menjadi salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa dalam sebuah hadits disebutkan:

ثنتان ما تردان : الدعاء عند النداء ، و تحت المطر

Artinya:

“Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun” (HR Al Hakim, 2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami’, 3078)

5. Waktu Ketika Berbuka Puasa

Salah satu kebahagiaan dan kenikmatan bagi orang-orang yang berpuasa adalah dikabulkannya doa doa orang yang berpuasa pada saat ia berbuka puasa seperti Sabda Rasulullah SAW berikut:

ثلاث لا ترد دعوتهم الصائم حتى يفطر والإمام العادل و المظلوم

Artinya:

”Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi” (HR. Tirmidzi no.2528, Ibnu Majah no.1752, Ibnu Hibban no.2405, dishahihkan Al Albani di Shahih At Tirmidzi)

6. Waktu Ketika Minum Air Zam-Zam

Pasti kita semua tahu apa itu Zamzam Ya Zamzam merupakan air di mana sumber mata air yang terdapat di Mekah. Air ini juga dianggap salah satu air mulia karena jika mengenang sejarah panjang tentang air zam-zam tentu kita akan mengerti kenapa air ini juga bisa memiliki banyak khasiat. Selain itu dikatakan bahwa ketika kita meminum air zam-zam maka setiap yang akan kita dapatkan adalah sesuai dengan niat kita yang minumnya. Untuk itu saat kita minum air zam-zam hendaklah kita juga berdoa dan memanjatkan keinginan kita agar hasil yang kita dapatkan juga bisa berupa terkabulnya keinginan-keinginan kita.

7. Waktu Setelah Mengerjakan Sholat 5 Waktu

Bentuk waktu yang ke-7 ini tentu saja sudah Tidak diragukan lagi karena kita juga tahu bahwa berdoa setelah salat lima waktu adalah sebuah hal yang baik. When itu juga doa setelah mengerjakan salat lima waktu maka doa kita akan didengar oleh malaikat.

8. Waktu Ketika Sujud Dalam Sholat

Momen sujud dalam salat menjadi salah satu momen yang membuat kita merasa begitu dekat dengan Allah. Gimana di saat kita menyerahkan kan seluruh diri kita ke hadapannya dan bersyukur atas apa yang telah Allah berikan sehingga kita masih bisa menjalani hidup. Ketika kita sujud dalam salat juga dapat menjadi salah satu waktu yang mustajab untuk doa kita seperti Sabda Rasulullah SAW berikut:

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

أقرب ما يكون العبد من ربه وهو ساجد . فأكثروا الدعا

Artinya:

“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu” (HR. Muslim, no.482)

Setelah kita mengetahui waktu-waktu mustajab untuk berdoa semoga kita semakin semangat untuk memperbanyak ibadah kita dan memanjatkan doa kepada Allah SWT semata. Perlu diingat juga bahwa ketika doamu belum terkabul bukan berarti Allah tidak sayang kepadamu melainkan Allah akan berikan yang terbaik untukmu karena hanya Allah yang tahu rencana yang terbaik untuk jalan hidup kita. Jangan merasa kecewa atas apa yang terjadi karena itu sudah jalan dari Allah dan Percayalah bahwa Allah gantikan sesuatu yang hilang dengan yang lebih baik dan memenuhi keinginanmu dengan jalan lain yang terbaik untuk hidupmu.

Semoga Bermanfaat - Juragandoa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel