✓ Puasa Senin Kamis - Juragan Do'a -->

✓ Puasa Senin Kamis

Daftar Isi [Tampil]
Puasa Senin Kamis - Islam merupakan agama yang paling indah. Mengapa? Sebab agama Islam menawarkan banyak sekali kebaikan dan mendorong kita menjadi umat yang senantiasa berada dalam jalan hidup yang lurus. Islam juga memberikan banyak kemudahan kepada umatnya. Selain itu Islam juga memiliki banyak cara agar kita tetap bisa hidup sehat. Salah satu ibadah yang memiliki manfaat untuk kesehatan badan kita ialah dengan berpuasa. Bahkan banyak orang yang sudah menerapkan ibadah puasa sebagai salah satu cara untuk diet dengan baik. Tentunya dilakukan juga dengan  pola hidup yang sehat.

Salah satu ibadah puasa yang banyak dilakukan oleh umat muslim Iyalah puasa Senin Kamis karena selain melatih diri agar terbiasa berpuasa juga banyak orang yang melakukan puasa untuk menurunkan berat badan. namun di luar manfaat jasmani tersebut ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan oleh rohani kita. Tujuan dari berpuasa senin-kamis juga salah satunya adalah untuk meningkatkan ketakwaan kita dan membuktikan kecintaan kita terhadap Allah dan sunah sunah Rasul Nya.


Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan ibadah sunnah dari puasa senin-kamis ini Namun bagi yang mungkin lupa tahu belum tahu tentang puasa Senin Kamis ini dan ingin mencobanya dan mengambil banyak manfaatnya maka berikut adalah niat yang dibaca untuk melaksanakan puasa Senin Kamis.

Niat Puasa Senin Kamis

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis tidaklah jauh berbeda dengan niat puasa sunah lainnya hanya Dianti beberapa katanya. Niat puasa senin-kamis Dapat dibaca ada waktu malam hari atau saat sahur.
Berikut ini bacaan niat puasa pada hari Senin

Niat Puasa Hari Senin arab :

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Berikut ini bacaan niat puasa pada hari Kamis

Niat Puasa Hari Kamis arab:

 نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Latin

Di bawah ini merupakan bacaan niat puasa senin-kamis dalam bentuk latin

Bacaan Niat Puasa Hari Senin latin:

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa


Bacaan Niat Puasa Hari Kamis Latin:

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa

Arti Bacaan Niat Puasa Senin Kamis

Jadwal mengetahui bagaimana bacaan Arab dan Latinnya Kita juga bisa membaca niat dalam bahasa Indonesia Apabila belum terbiasa dengan bahasa Arab dan masih belajar Berikut merupakan niat puasa senin kamis dalam bahasa Indonesia atau arti dari niat puasa Senin Kamis.

Arti Bacaan Niat Puasa Hari Senin

Artinya, "Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala."

Arti Bacaan Niat Puasa Hari Kamis

Artinya, "Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala."

Tata Cara Puasa Senin Kamis

Nah setelah tadi sudah membelikannya dan mengetahui niatnya maka hendaklah kita juga mengetahui bagaimana sih tata cara dari melaksanakan puasa Senin Kamis ini. Tata cara dari melaksanakan puasa senin-kamis tentulah tidak berbeda jauh dengan melaksanakan puasa Romadhon atau puasa puasa sunah lainnya Nah berikut ini merupakan tata cara dari melaksanakan puasa Senin Kamis

1. Niat Puasa Senin Kamis
Tentu saja setiap perbuatan harus diawali dengan niat. Begitu juga dengan melakukan puasa senin kamis jadi Hal pertama yang harus dilakukan saat akan berpuasa senin-kamis adalah Membaca niat puasa Senin Kamis

2. Sahur
Seperti yang kita ketahui bahwa sahur merupakan salah satu sunnah ketika kita akan menjalankan puasa, sahur juga kita kenal dengan kegiatan menyantap makanan Sebelum masuknya waktu Imsak.

3. Menahan Diri
Salah satu hal terpenting dari melakukan puasa tentu saja adalah menahan diri. menahan diri yang dimaksud di sini adalah menahan diri dari segala yang membatalkan puasa. Seperti menahan untuk tidak makan dan minum, menahan hawa nafsu dan hal lain yang dapat membatalkan puasa kita.

4. Berbuka
Ketika sudah masuk waktu maghrib atau sudah terbenamnya matahari maka saat itulah kita disarankan untuk segera berbuka karena berbuka merupakan salah satu tata cara dari berpuasa.

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Selain memiliki banyak manfaat puasa Senin Kamis juga memiliki keutamaan yang besar diantara keutamaan keutamaan yang besar dari puasa senin-kamis ialah:

1. Rasulullah Selalu Mengerjakannya

Ya Puasa senin-kamis merupakan salah satu ibadah sunnah yang sering Rasulullah kerjakan atau Rasulullah SAW selalu melakukannya. Puasa senin-kamis merupakan salah satu ibadah yang sangat dicintai oleh Rasulullah SAW.

2. Senin Merupakan Hari Istimewa

Mengapa hari Senin merupakan hari yang istimewa hal tersebut terdapat dalam sebuah  hadis riwayat Ahmad, Ibnu Abbas berkata:

“Nabi Saw dilahirkan pada hari Senin, diangkat menjadi nabi pada hari Senin, meninggal dunia pada hari Senin, keluar untuk hijrah ke Madinah pada hari Senin, sampai di Madinah pada hari Senin dan mengangkat Hajar Aswad pada hari Senin.

 3. Dibukakannya Pintu Surga

Pada hari Senin dan Kamis maka pintu-pintu surga sedang dibuka hal ini diperkuat olehImam Muslim dalam Sahihnya meriwayatkan dari jalur Abu Hurairah:

"Sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda “Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Semua dosa hamba yang tidak menyekutukan Allah akan diampuni, kecuali bagi orang yang antara dia dan saudaranya terdapat kebencian dan perpecahan.

4. Diperlihatkannya Amal

Pada hari Senin maka catatan amal akan diperlihatkan kepada Allah SWT untuk itu Rasulullah SAW juga mencintai puasa pada senin-kamis karena ia senang apabila amalnya diperlihatkan kepada Allah pada saat ia juga sedang berpuasa

Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan

Seperti yang tadi sudah dikatakan bahwa puasa senin-kamis juga banyak dilakukan untuk kesehatan tubuh kita maka Berikut ini merupakan manfaat manfaat dari puasa senin-kamis yang berdampak pada kesehatan tubuh kita;

1. Membuang Racun dalam Tubuh
2. Menurunkan Lemak
3. Menyehatkan Sistem Pencernaan
4. Manfaat Untuk Kecantikan
5. Menjaga Kesehatan Gigi
6. Mengurangi Stres
7. Menjaga Emosi Lebih Stabil
8. Mencerdaskan Otak

Setelah kita mengetahui niat tata cara keutamaan dan juga manfaat-manfaat yang akan kita dapatkan dari melakukan puasa senin-kamis Semoga kita semakin bersemangat untuk melaksanakan sunnah berpuasa senin kamis dan juga semakin giat untuk berpuasa senin-kamis secara rutin.

Semoga bermanfaat, Salam - Juragan Doa


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel