✓ Khatam Al-Quran - Juragan Do'a -->

✓ Khatam Al-Quran

Daftar Isi [Tampil]

Khatam Al-Quran - AlQuran merupakan kitab suci umat Islam yang juga menjadi sebuah dasar dari kehidupan umat Islam. Alquran juga merupakan mukjizat Nabi Muhammad SAW. Al-quran terdiri atas 30 juz dan seperti yang kita ketahui bahwa membacanya adalah sebuah ibadah.

Selain mendapatkan pahala karena membaca al-quran merupakan ibadah Alquran juga membawa banyak dampak positif bagi kehidupan kita, seperti menenangkan hati kita, meredakan emosi kita dan membuat pikiran kita menjadi lebih jernih. Dan dapat khatam Alquran berkali-kali merupakan salah satu kenikmatan yang tiada tara. KHatam atau menyelesaikan berarti menuntaskan bacaan pada seluruh ayat Alquran mulai dari surat al-fatihah hingga annas.

Apalagi di tengah kondisi seperti ini atau di tengah pandemi dan memaksa beberapa orang untuk tetap berada di rumah entah itu bekerja dari rumah atau bersekolah secara daring membuat kita memiliki waktu luang lebih banyak di rumah dan hal tersebut dapat kita manfaatkan untuk lebih banyak membaca Alquran hingga dapat khatam Alquran.

Selain bisa khatam maka dianjurkan juga untuk dapat mengerti makna dari ayat yang kita baca dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari Meskipun begitu jikalaupun belum dapat melakukan lebih dari membaca maka tidak apa karena hal tersebut juga tetap bernilai pahala dan ibadah di mata Allah SWT.

Terlebih saat bulan Romadhon pasti pada setiap masjid atau mushola terdengar bacaan dan ayat-ayat Alquran yang dilantunkan selepas salat tarawih bersama, nah tentu saja kita juga tidak asing dengan bacaan doa ketika pembacaan AlQuran tersebut sudah khatam. Memang tidak ada hadis pasti yang menyebutkan anjuran membaca doa tersebut namun hal tersebut sudah menjadi tradisi para ulama dan Ushul fiqih pada zaman dahulu.  bacaan dari doa khatam Alquran tersebut adalah

Doa Khatam Al-Quran


Doa Khatam Al-Quran

Bacaan Doa Khatam Al-Quran

Sedangkan bunyi bacaan latin dari doa yang dibaca ketika khatam Alquran adalah sebagai berikut

“Allhummarhamni bilqur’an. Wajalhu li imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirni minhu ma nasitu wa ‘allimni minhu ma jahiltu warzuqni tilawatahu aana-allaili waj’alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.”

Artinya :


“Ya Allah berikanlah rahmat kepadaku dengan kitab Al-Quran yang agung ini, jadikanlah ia (Al-Quran) bagiku sebagai panutan, cahaya, serta petunjuk rahmat.” “Ya Allah ingantkanlah aku seandainya aku lupa akan ayat-ayat Al-Quran.” “Ajarkanlah aku dari padanya yang belum aku ketahui dan anugerahkanlah kepadaku kesempatan membaca Al-Quran tengah malam dan siang hari dan jadikanlah ia (Al-Quran) sebagai pembela yang kuat bagiku. Wahai Allah, Tuhan semesta alam.”

Makna Doa Khatam Al-Quran

Setelah mengetahui dan membaca doa tersebut tentu kita juga disarankan untuk mengetahui makna dari bacaan doa khatam Alquran tersebut agar kita lebih mengetahui Apa maksud dari kita membaca dan menyampaikan doa tersebut ketika mengkhatamkan Alquran

1. Meminta Kasih Allah

Seperti yang kita ketahui pada arti yang dapat kita baca Ya itu Ya Allah berikanlah Rahmat kepadaku dengan kitab Alquran, Rahmat di sini juga dapat kita Artikan dengan kasih dari allah, dengan membaca doa ini Hal pertama yang kita minta adalah Rahmat atau kasih sayang dari Allah karena seperti yang kita ketahui juga bahwa Allah merupakan maha pengasih dan penyayang

2. Meminta agar Al-Quran dijadikan Pemimpin, Cahaya, Petunjuk dan Rahmat

Seperti yang dapat kita lihat pada arti selanjutnya yaitu jadikanlah Iya atau Alquran bagiku sebagai panutan, cahaya, serta petunjuk Rahmat

Itu artinya kita juga meminta dan berdoa kepada Allah agar Allah menjadikan Alquran yang telah kita hantamkan tersebut merupakan pemimpin kita agar menjalani kehidupan yang baik dan menjadi cahaya kita dalam kegelapan juga menjadi petunjuk kita agar tidak tersesat dalam kehidupan serta menjadi rahmat dalam kehidupan yang kita jalani.

3. Meminta Diingatkan Dari Isi Al-Quran yang Terlupa

Dari doa tersebut pada bagian yang berarti ya Allah ingatkanlah aku seandainya aku lupa akan ayat-ayat Alquran yang memiliki arti bahwa pada ada ayat ini kita berdoa kepada Allah agar Allah senantiasa membantu kita dan selalu mengingatkan kita agar tidak melupakan ayat dan juga makna dari Alquran. Dan kita penuh mohon agar diberikan petunjuk agar senantiasa hafal dan mengamalkan makna dari isi alquran tersebut.

4. Meminta Untuk Diajari Tentang Isinya yang Tidak Kita Ketahui


Kita pun tidak lupa memohon agar kita senantiasa diajari dan diberi petunjuk tentang makna dan isi dari Alquran yang tidak kita ketahui. Dan meskipun sudah hatam maka hendaklah kita senantiasa rajin membaca al-quran dan mencari tahu lebih banyak tentang isinya yang belum kita ketahui sebelumnya.

5. Meminta Rezeki Berupa Kedekatan Dengan Al-Quran

Hal ini terdapat pada bagian yang berarti anugerahkanlah kepadaku kesempatan membaca Alquran Tengah malam dan siang hari. Makna dari bacaan salah satu potongan doa khatam Alquran ini adalah bahwa kita meminta agar senantiasa dilimpahkan rezeki namun rezeki ini ini dalam bentuk yang berbeda yakni kita meminta rezeki dalam bentuk diberi kedekatan dengan Alquran dan keinginan untuk membacanya setiap saat.

6. Meminta Pembelaan Al-Quran

Jadikanlah ia (Al-Quran) sebagai pembela yang kuat bagiku. Wahai Allah, Tuhan semesta alam memiliki makna bahwa kita berharap dan berdoa kepada Allah agar setelah khatam dan menyelesaikan al-quran atau  membaca Alquran maka Alquran akan menjadi pembela kita di hari kiamat kelak.

Keutamaan Membaca Al-Quran

AlQuran merupakan kitab suci umat Islam tentu saja Alquran juga memiliki banyak sekali keutamaan membaca Alquran membawa banyak berkah dan banyak kali keutamaan yang kita dapat di antaranya adalah.

1. Mendapatkan Pahala

Tentu saja membaca Alquran Membuat kita mendapatkan pahala, apalagi ketika membaca Alquran pada bulan Ramadan maka pahala yang kita dapat akan Allah gandakan titik itu artinya banyak membaca al-quran sama dengan membuka ladang pahala bagi diri kita

2. Mendapat Ketentraman Jiwa atau Hati

Kita mungkin sering mendengar ketika kita sedang marah atau sedang tidak tenang jiwa dan hatinya kita dianjurkan untuk membaca Alquran hal tersebut benar adanya karena dengan membaca Alquran kita akan mendapatkan ketentraman jiwa dan ketentraman hati Alquran juga dapat meredakan emosi kita serta membuat kita berpikiran lebih jernih

3. Diangkat Derajatnya

Orang yang mengamalkan membaca al-quran serta memahami maknanya maka akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT

4. Al-Quran Dapat Memberikan Syafaat

Dengan banyak membaca Alquran Alquran akan menjadi syafaat pada hari kiamat kelak titik untuk itu Perbanyaklah membaca Alquran dan jangan berhenti meskipun sudah pernah mengkhatamkan nya.   


5. Dihadiri Malaikat

Dengan banyak melantunkan ayat suci Alquran tentu saja rumah atau tempat tinggal kita akan didatangi oleh malaikat. Sebab Malaikat akan mengunjungi setiap rumah yang terdapat lantunan ayat suci Alquran.

6. Terbebas Dari Aduan Rasulullah

Pada hari kiamat atau hari akhir nanti akan ada beberapa jenis manusia yang Rasulullah SAW adukan kepada Allah Untuk itu salah satu keutamaan ketika kita membaca Alquran adalah kita akan terbebas dari aduan Rasulullah pada hari akhir

7. Menjadi Kemuliaan Bagi Orang Tuanya di Surga

Ketika kita banyak membaca Alquran dan pakai itu tidak hanya kita rasakan untuk diri kita sendiri namun itu juga berdampak pada kedua orang tua kita ketika kita banyak membaca dan mengamalkan Alquran Maka hal itu akan menjadi Kemuliaan bagi orang tua kita di surga nanti

Adab Membaca Al-Quran

Ketika kita membaca Alquran dan  tentu saja berbeda dengan kita membaca buku biasa atau buku novel. AlQuran merupakan kitab suci dan membacanya juga memiliki Adab. Adab Adab dari membaca Alquran adalah sebagai berikut

 1.  Suci dari hadas dan najis atau dalam artian membaca al-qur'an dalam keadaan yang suci
 2.  Membaca al-quran dengan khusyu'
 3.  Membaca al-quran dengan diawali Ta'awudz atau bacaan Bismillah
 4. Membaca al-quran dengan memperhatikan tartilnya
 5. Membaca Alquran dengan suara yang bagus yakni benar makhrajnya dan tajwidnya sesuai

Tips Agar Bisa Khatam Al-Quran Dalam Waktu Sebulan

Mungkin ketika pertama kali berniat untuk mengkhatamkan Alquran kita akan berpikir bahwa itu akan memakan waktu yang lama dikarenakan banyaknya surat namun jika memang berniat untuk khatam Alquran maka ada beberapa tips agar kamu bisa khatam membaca Alquran hanya dalam waktu sebulan saja.

Tips atau beberapa cara tersebut seperti benar-benar niat dan tekun ingin khatam Alquran, selalu membaca Alquran sebelum dan sesudah salat, membaca Alquran dan menyempatkan nya ketika ada waktu luang, konsisten dalam membaca Alquran, serta kita juga dapat memanfaatkan teknologi yang sudah berkembang dan membaca Alquran menggunakan ponsel ketika berada di luar rumah.

Rasulullah bersabda :


Doa Khatam Al-Quran

Artinya:

“Barangsiapa yang sholat yaitu sholat fardhu maka dia memiliki doa yang mustajab, dan barangsiapa yang mengkhatamkan Al-Quran maka dia memiliki doa yang mustajab.” (Imam Ath Thabarani dalam Al Mujam Al Kabir No. 647).

Tidak apa-apa Jikalau pun tidak hatam Alquran dalam waktu 1 bulan maka perbaikilah niat dan tingkatkan jumlah bacaan Alquran kita. Seperti pepatah yang mengatakan sedikit-sedikit maka lama-lama akan menjadi bukit, maka seperti itupun dalam membaca Alquran kita tidak perlu terburu-buru namun kita harus berani memulai meski sedikit apapun itu sehingga dapat khatam Alquran nantinya.  juga dengan terbiasa membaca Alquran maka hal tersebut dapat menjadi candu bagi diri kita sendiri nanti Nya maka cobalah untuk memulai.

Semoga kita semua senantiasa dianugerahkan rezeki agar selalu ingin dekat dengan Alquran aamiin.
Wasalamualaikum.

Salam Juragan Doa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel