✓ Doa Agar Kuat Ingatan, Gampang Menghafal dan Mudah Faham - Juragan Do'a -->

✓ Doa Agar Kuat Ingatan, Gampang Menghafal dan Mudah Faham

Daftar Isi [Tampil]

Doa Agar Kuat Ingatan, Gampang Menghafal dan Mudah Faham - Allah memberikan akal kepada manusia. Hal tersebutlah yang membedakan manusia dengan binatang. Keduanya sama-sama ciptaan Allah, keduanya adalah makhluk hidup. Tapi Allah memberikan manusia akal, yang digunakan untuk berpikir serta mengontrol  hawa nafsu. Adanya akal juga membuat manusia dapat membedakan mana yang benar dan salah. Adanya akal membuat manusia dapat memutuskan sesuatu setelah mempertimbangkannya.


Akal tersebut juga kita gunakan saat kita sedang menuntut ilmu. Ketika kita menuntut ilmu, kita akan banyak berpikir, akan banyak menemukan hal baru, agar belajar banyak hal baru, serta terkadang dituntut untuk banyak mengingat.

Selain itu Allah juga memberikan banyak kemampuan kepada manusia. Diantaranya ada orang yang lebih cepat paham ketika mendapat pelajaran baru ada juga yang kuat ingatannya nya yang mudah menghafal sesuatu. Setiap orang pasti memiliki kapasitasnya masing-masing. Dengan kemampuan kita, kita pun harus belajar lebih keras untuk menyeimbangi yang lain.

Namun jangan merasa kecil jika belum mampu menguasai sesuatu. Ketika akan melakukan tes atau suatu ujian namun belum menguasai materi karena kesulitan paham atau tidak bisa menghafal nya maka mendekatkan diri kepada allah dapat menjadi pilihan. Apa yang dimaksud mendekatkan diri kepada Allah? Meningkatkan diri kepada allah dapat dicoba dengan berdoa atau berdzikir.

Ketika kamu merasa kesulitan untuk paham terhadap sesuatu maka cobalah baca doa di bawah ini:

Doa Agar Mudah Faham

Arab:

اللهم أخرجنا من ظلمات الوهم، وأكرمنا بنور الفهم، وافتح علينا بمعرفة العلم، وحسن أخلاقنا بالحلم، وسهل لنا أبواب فضلك، وانشرعلينا من خزائن رحمتك، برحمتك يا أرحم الراحمين

Latin:

Allaahumma akhrijnaa min zhulumaatil wahmi, wa akrimnaa bi nuuril fahmi, waftah ‘alainaa bi ma’rifatil ‘ilmi, wa hassin akhlaaqonaa bil hilmi, wa sahhil lanaa abwaaba fadhlika, wan syur ‘alainaa min khozaaini rohmatika, ya arhamar rohimiina.

Artinya:

"Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan keraguan/prasangka, mulyakanlah kami dengan cahaya kefahaman, bukakanlah kepada kami dengan ilmu pengetahuan, hiasilah/baguskanlah diri kami dengan akhlak yang baik, mudahkanlah untuk kami pintu-pintu anugrah-Mu, bentangkanlah kepada kami dari perbendaharaan rahmat-Mu, ya Tuhan Maha Pengasih sekalian yang berkasih sayang."

Daya ingat seseorang pun berbeda kapasitasnya. Ada orang yang memiliki ingatan yang kuat namun ada juga yang lemah dalam mengingat. Tidak masalah jika kamu merasa memiliki daya ingat yang lemah kamu dapat meningkatkan nya dengan banyak latihan juga meminta lah kepada allah dengan doa sebagai berikut

Doa Diberi Kekuatan Mengingat

Arab:

اَللّٰهُمَّ زِدْنَا وَلَا تَنْقُصْنَا وَأَكْرِمْنَا وَلَا تُهِنَّا وَأَعْطِنَا وَلَا تَحْرِمْنَا وَاَثِرْنَا وَلَا تُؤْثِرْ عَلَيْنَا وَارْضِنَا وَارْضَ عَنَّا

Latin:

Allahumma zidnaa walaa tan-qushnaa wa akrimnaa walaa tuhinna wa a’thinaa walaa tahrimnaa wa atsirnaa walaa tu’tsir ‘lainaa waardhinaa wardho ‘annaa.

Artinya:

"Ya Allah, tambahkanlah buat kami jangan Engkau kurangkan, muliakanlah kami jangan dihina, berilah buat kami jangan ditahan, pilihlah kami jangan Engkau biarkan dan ridhoilah kami dan ridhoilah pula semua usaha kami."

Biasanya memiliki daya ingat kuat pun didorong dengan kemampuan mudah menghafal. Kebanyakan orang yang memiliki daya ingat kuat cenderung mudah menghafal. Namun ketika kamu merasa kesulitan untuk menghafal sesuatu cobalah untuk membacanya berulang-ulang dan memahaminya makan-makan dengan sendirinya teringat oleh kita. Kamu juga dapat membaca tuah di bawah ini

Doa Agar Mudah Menghafal

Arab:

اَللّٰهُمَّ ارْزُقْنَا يَارَبِّ فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ الْمُرْ سَلِيْنَ وَإِلْهَامَ ألْمَلاَ ىِٕكَةَ ألْمُقَرَّبِيْنَ فِى عَافِيَةٍ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Latin:

Allahummarzuqna ya robbi fahman-nabiyyina. wahifzholmursalin, wa ilhamal-malaaikatil-muqorrobin fi’afiatin ya arhamarrohimin.

Artinya:

“Ya Allah, karuniailah kami faham para nabi dan hafalan para rasul serta mendapat ilham para malaikat yang hampir dengan-Mu, juga kurniakanlah kami kesehatan wahai Maha Penyayang."

Dalam proses belajar semuanya akan meningkat secara bertahap untuk itu setiap kemampuan juga membutuhkan latihan. Latihan yang dibutuhkan tentu saja ajar kemampuan yang kita miliki semakin meningkat dan tetap terjaga. Dita dapat melakukan latihan latihan seperti banyak membaca, lebih banyak mengisi soal dan memahaminya, serta lebih banyak mencari hal-hal baru.

Semoga kita semua senantiasa dimudahkan Allah dalam mencari ilmu dan semakin diberkahi oleh-Nya, juga ada sebuah pepatah tentang semakin tinggi ilmu seseorang maka semakin tinggi derajatnya di mata allah subhanahu wa ta'ala untuk itu hendaklah kita semakin banyak belajar dan mencari ilmu karena-Nya

Sekian - Juraga Doa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel