Sujud Syukur - Juragan Do'a -->

Sujud Syukur

Daftar Isi [Tampil]
Sujud Syukur - Kita diberikan kehidupan oleh Allah dan akan kembali kepadanya. Setiap pagi ketika kita bangun dan masih diberikan nafas oleh Allah hendaklah kita selalu bersyukur atas apa yang telah Ia berikan.

Kita juga harus senantiasa mengucapkan syukur atas segala rezeki yang Allah berikan kepada kita. Rezeki yang Allah berikan sangat luas dan banyak sekali meliputi banyak hal bahkan dapat melihat dan masih dapat merasakan udara segar pagi hari juga merupakan rezeki.

Kenapa kita harus bersyukur hal tersebut dijawab oleh Allah dalam FirmanNya pada Alquran surah Ibrahim ayat 7 yang artinya;
"Jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambahnya. Tetapi jika kamu mengingkarinya sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim ayat 7).

Lalu sebenarnya apa itu syukur?

Syukur adalah rasa terima kasih kepada Allah karena telah diberikan banyak hal. Untuk menyampaikan rasa syukur itu dapat dilakukan dengan berbagai hal, seperti: mengucapkan Alhamdulillah, berdoa, banyak bershalawat, juga dengan melakukan sujud.

Sujud yang dilakukan untuk mengucapkan syukur disebut dengan sujud syukur, titik sujud syukur bertujuan untuk menyampaikan banyak rasa syukur kepada Allah setelah diberikan sesuatu atau banyak hal atau kau telah diselamatkan atas sebuah marabahaya.

sujud syukur

Sujud syukur dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun tepat setelah mendengar sesuatu yang menggembirakan dan menimbulkan rasa terima kasih kepada Allah.

Bacaan Sujud Syukur

Berikut ini bacaan sujud syukur atau doa ketika sedang sujud syukur:

Beberapa Bacaan Sujud Syukur

1. Membaca bacaan tasbih, tahmid, dan tahlil

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ، وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ الله، وَاللهُ أَكْبَرُ
Artinya:
“Maha Suci Allah. Segala puji kepunyaan Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar.”

2. Membaca bacaan doa atau dzikir syukur

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ فَتَبَا رَكَ اللهُ اَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَ
Artinya:
“Aku sujudkan wajahku kepada yang menciptakannya, membentuk rupanya, dan membuka pendengaran serta penglihatan. Maha Suci Allah sebaik-baik Pencipta.”

 3. Membaca bacaan doa

Sebagaimana yang tersebut dalam Al Quran surah An Naml ayat 19 An Naml ayat 19:
رَبِّ اَوۡزِعۡنِیۡۤ اَنۡ اَشۡکُرَ نِعۡمَتَکَ الَّتِیۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَیَّ وَ عَلٰی وَالِدَیَّ وَ اَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰىہُ وَ اَدۡخِلۡنِیۡ بِرَحۡمَتِکَ فِیۡ عِبَادِکَ الصّٰلِحِیۡنَ
Artinya:
“Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.” (QS. An-Naml ayat 19).

 4. Membaca bacaan doa sesuai hadist Nabi Muhammad

اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ
Artinya:
“Ya Allah, bantulah aku dalam selalu berdzikir atau mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu dan memperbagus ibadah kepada-Mu.” (HR.Musim).

Tata Cara Sujud Syukur

Syarat dan tata cara untuk melakukan sujud syukur adalah sebagai berikut:

1. Dalam keadaan suci dari hadats (besar dan kecil)

Saat melakukan sujud syukur seseorang itu sedang dalam keadaan suci dari hadas baik itu hadas besar maupun hadas kecil.

2. Dalam keadaan suci dari najis, menutup aurat dan dianjurkan menghadap kiblat

Selain suci dari hadas ketika melakukan sujud syukur seseorang sedang dalam keadaan bersuci dari najis juga tertutup auratnya dan memakai pakaian yang bersih juga tempat untuk melakukan sujud terhindar dari najis lain itu dianjurkan untuk menghadap kiblat saat melakukan sujud syukur

 3. Melakukan takbir dengan membaca niat sujud syukur

Ketika melakukan takbir saat ingin sujud syukur juga dibarengi dengan Membaca niat Sama halnya seperti Membaca niat ketika salat dengan niat sujud syukur sebagai berikut:

Bacaan niat sujud syukur arab
نَوَيْتُ سُجُوْدَ الشُّكْرِ سُنَةَ للهِ تَعَالَى
Bacaan niat sujud syukur latin

“Nawaitu sujudas syukri sunnatan lillahi ta’ala”.
Arti niat sujud syukur

“Saya niat melakukan sujud syukur sunnah karena Allah Ta’ala”.

4. Sujud satu kali dengan membaca doa sujud syukur

Saat melakukan sujud bacaan yang harus diucapkan adalah
Bacaan sujud syukur arab
سُبْحَانَ اللّهِ والْحَمْدُللّهِ وَ لا اِلهَ اِلَّا اللّهُ وَ اللّهُ اَكْبَرُلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بالله العلي العظيم
Bacaan sujud syukur latin

“Subhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilaaha illalloohu walloohuakbar, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim.”

Arti Bacaan sujud syukur

“Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi, Maha Agung“.

5. Duduk serta mengucapkan salam ke arah kanan dan kiri.

Setelah mengucapkan bacaan sujud syukur kita bangun untuk duduk setelah itu mengucapkan salam ke kanan dan ke kiri dengan salam seperti ketika salat.

Sehingga secara sederhana urutan sujud syukur adalah melakukan takbir sambil Membaca niat sujud syukur kemudian sujud dan membaca bacaan sujud syukur lalu duduk daripada sujud dan mengucapkan salam ke kanan dan ke kiri.

Meskipun begitu jika kita melakukan sujud syukur secara spontan sedang tidak suci dari hadas dan tidak menghadap kiblat, maka sujud syukur tersebut tetaplah sah, Imam Syafi'i mengatakan bahwa sujud syukur berbeda dengan melakukan salat, tidak perlu mengucapkan takbir dan salam, dapat dilakukan kapan pun dan tidak harus dalam keadaan suci.

Dapat juga dilakukan di atas kendaraan dengan menggunakan isyarat, ketika mendengar atau mendapatkan sebuah kabar yang gembira.

Dengan ini hendaklah kita senantiasa banyak mengucap syukur kepada Allah, dan senantiasa mensyukuri semua yang telah diberikan-nya. Agar Allah menambah nikmatnya kepada kita dan janganlah kita kufur terhadap nikmat yang telah diberikan-nya.

Hendaklah kita juga selalu percaya bahwa semua kenikmatan itu datang hanya dari Allah subhanahu wa taala melalui perantara nya dan dengan melakukan sujud syukur kita semakin mendekatkan diri dengan Sang Pencipta. Semoga bermanfaat wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel