5 Amalan Agar Keinginannya Segera Dikabulkan Allah SWT - Juragan Do'a -->

5 Amalan Agar Keinginannya Segera Dikabulkan Allah SWT

Daftar Isi [Tampil]
Assalamualaikum Wr. Wb.
5 Amalan Agar Doa Segera Dikabulkan - Ketika kita memiliki keinginan tentu kita akan berusaha untuk mencapainya. Namun, selain usaha yang kita lakukan tersebut, tentu harus dibarengi dengan doa, sebab usaha tanpa doa damai saja dengan sombong.

Ketika kita sedang ditimpa masalah, tentu kita akan mengadu kepada allah, kita akan berdoa kepada-Nya agar Allah memberikan jalan keluar kepada kita.

Kita dianjurkan untuk berdoa usai sholat, tidaklah baik apabila kita langsung berdiri dan meninggalkan tempat apabila baru selesai sholat. Allah sangat menyukai ketika hambanya banyak meminta kepadanya, Allah menyukai hambanya ketika hambanya mengadu kepadanya.

5-amalan-agar-keinginannya-segera-dikabulkan-allah-swt

Doa yang kita ucapkan tentu saja harus dibarengi dengan ibadah sebagaai kewajiban kita. Kita seringkali hanya datang untuk berdoa kepada Allah ketika kita tengah kesulitan tapi kita lupa akan kewajiban kita untuk beribadah kepada Allah. Hendaklah kita menjaga Kewajiban kita agar Allah pun senang mendengarkan doa-doa kita.

Selain itu, tentu kita semua ingin agar doa kita segera dikabulkan dan didengar oleh Allah. Kita sangat bahagia apabila doa yang kita panjatkan di ijabah dengan cepat oleh Allah. Untuk itu, kita harus melakukan usaha yang maksimal dan melakukan beberapa amalan. Ada beberapa amalan agar doa segera di kabulkan, diantaranya:

1. Memperbanyak Doa di Waktu yang Mustajab

Setiap doa pasti akan Allah dengar, Kapanpun kita memanjatkan doa tersebut. Namun, ada beberapa waktu yang membuat doa kita cepat di kabulkan, atau wakti yang mustajab untuk berdoa. Berikut waktu-waktu mustajab untuk berdoa:
  • Hari Arafah

    Hari arafah yang jatuh pada tanggal 9 dzulhijjah juga merupakan waktu nya jemaah haji melakukan wukuf di arafah. Menurut hadits riwayat Tirmidzi :

    Hadits;

    خير الدعاء دعاء يوم عرفة

    Artinya:

    Doa yang terbaik adalah doa ketika hari Arafah.
  • Saat meminum air zam-zam

    Kita tentu tahu bahwa air zam zam merupakan salah satu mukjizat dari Allah, dimana mata air air zam zam tidak pernah kering. Bahkan berdoa saat meminum air zam zam menjadi waktu yang mustajab.
  • Sepertiga malam terakhir

    Bangun pada sepertiga malam mungkin memang terasa sulit, tapi, pada waktu ini, menjadi waktu paling mustajab untuk dikabulkannya doa. Rasulullah saw. Bersabda:
    يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

    Artinya:

    “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir di setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Siapa saja yang berdoa kepada-Ku akan Kukabulkan, siapa saja yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberi, siapa saja yang memohon ampunan dari-Ku akan Kuampuni‘” (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Waktu diantara adzan dan iqomat

    Seringkali kita mengabaikan waktu diantara adzan dan iqomat, padahal waktu ini merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Setelah membaca doa mendengar adzan hendaklah kita juga memnjatkan doa pada waktu ini karena waktu antara adzan dan iqomat merupakan waktu yang baik.
    اَ يُرَدُّ الدُّعَاءُ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ

    Artinya:

    “Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Ahmad; shahih)
  • Saat sujud dalam sholat

    Waktu sujud dalam sholat merupakan waktu kita merasakan paling dekat dengan keberadaan Allah swt, itulah mengapa banyak ulama yang memperpanjang sujudnya ketika sholat sunnah, karena doa ketika sujud merupakan salah satu waktu yang mustajab.
    أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ
    “Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu” (HR. Muslim)
  • Ketika turun hujan

    ثنتان ما تردان الدعاء عند النداء وتحت المطر

    Artinya:

    “Dua doa yang tidak tertolak, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun” (HR. Hakim; shahih)
  • Pada waktu buka puasa

    Waktu menjelang berbuka menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa sebagaimana sabda rasulullah saw. Berikut:
    ثَلَاثٌ لَا تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ: الْإِمَامُ الْعَادِلُ، وَالصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ، وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ يَرْفَعُهَا اللَّهُ فَوْقَ السَّحَابِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

    Artinya:

    “Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak: Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai dia berbuka, dan doa orang yang didzalimi, Allah angkat di atas awan pada hari kiamat.” (HR. Tirmidzi dan Thabrani; hasan)

2. Mengerjakan Sholat hajat

Ketika kita menginginkan sesuatu dan memintanya kepada Allah kita juga disarankan untuk melakukan sholat hajat, agar doa dan keinginan tersebut segera dikabulkan. Biasanya sholatbhajat dilakukan ketika kita menginginkan  sesuatu sepeerti keberhasilan, jodoh, dan hal lainnya yang tidak dilarang syariat islam.

Rasulullah saw bersabda, yang artinya: “Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua raka'at dengan sempurna maka Allah Ta'ala memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat." (HR. Ahmad)

Bahkan rasulullah saw. Menekankan sholat hajat ketika kita ingin meminta sesuatu kepada Allah karena besarnya fadhilah dari sholat hajat tersebut.

3. Membaca  Banyak Zikir (Ya Mujib)

Membaca dzikir "Ya Mujib" secara rutin dengan hati yang khusyu juga percaya kepada allah dapat menyegerakan doa kita agar terkabul.

Caranya adalah dengan istiqomah membaca dzikir Ya Mujib ini sebanyak 100x selepas sholat shubuh. tentu harus dibarengi dengan hati yang khusyu dan ikhlas segara mengharapan segala seuatu dari Allah swt.

4. Perbanyak Melakukan Amalan Sedekah

Sedekah memiliki kekuatan yang besar. Dengan memperbanyak amalan sedekah, itu artinya kita sudah membantu orang lain. Mungkin. doa  kita belum terkabul dikarenakan kita yang enggan membantu orang lain tapi selalu mengharapkan sesuatu, untuk itulah hendaknya memperbanyak sedekah agar Allah segera mengabulkan hajat kita.

Rasulullah saw. Bersabda; “Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain.” (HR. Ahmad)

5. Mengerjakan Banyak Sholat Tahajud

يٰٓأَيُّهَا الْمُزَّمِّلُ :١
قُمِ الَّيْلَ إِلَّا قَلِيلًا :٢
نِّصْفَهُۥٓ أَوِ انقُصْ مِنْهُ قَلِيلًا :٣
أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْءَانَ تَرْتِيلًا :٤
إِنَّا سَنُلْقِى عَلَيْكَ قَوْلًا ثَقِيلًا :٥

Artinya:

“Hai orang yang berselimut, bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit. Atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan. Sesungguhnya Kami akan menurunkan kapadamu perkataan yang berat.” (QS. Al Muzzammil ayat 1-5).

Dari ayat tersebut kita bisa mengambil hikmah bahwa kekuatan Sholat pada sepertiga malam yakni sholat tahajjud dan membaca al-qur'an merupakan kunci kesuksesannya. Sekain itu waktu sepertiga malam juga menjadi salah satu waktu mustajab untuk kita memanjatkan doa.

Maka hendaklah doa tersebut dibarengi dengan sholat tahajud dan bacaan al-qur'an. Sebab amalan-amalan di sepertiga malam ini memiliki kekuatan yang luar biasa untuk doa dan kehidupan kita.

Memang benar, bahwa kita harus bersabar dalam.menantikan doa. Namun, mungkinkah doa-doa kita belum terkabul dikarenakan usaha kita yang kurang maksimal? Atau kita belum memintanya kepada Allah? Untuk itu, tidaklah salah untuk membantu doa kita dengan amalan-amalan di atas agar Allah mendengar Doa kita.

Jangan lupa tetap percaya hanya pada kekuatan Allah swt. juga ikhlas dalam menerima setiap keputusannya kerena mungkin ketika doa kita tidak dikabulkan oleh Allah, Allah menjawabnya dengan sesuatu yang lebih baik.

5 Amalan Agar Doa Segera Dikabulkan - Karena tidak ada yang tahu sesuatu yang terbaik untuk kita melainkan hanya allah swt. sajalah. Wassalamualaikum wr. wb.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel