Doa Terhindar dari Fitnah - Juragan Do'a -->

Doa Terhindar dari Fitnah

Daftar Isi [Tampil]
Doa Terhindar dari Fitnah - Kita mengenal dua jenis akhlak yakni akhlah mahmudah dan akhlak mazmumah, dimana pengertian akhlah mahmudah ialah akhlah yang terpuji diantaranya seperti huznudzon, berbakti kepada kedua orang tua, serta perbuatan baik lainnya, sedangkan akhlak mazmumah ialah akhlah tercela dimana diantaranya ada bohong, mencuri, ghibah, egois, dan fitnah. Ghibah adalah membicarakan orang lain dibelakang orang itu, meski apa yang dibicarakan tentang orang tersebut  benar, hal ini tetap saja dinilai berdosa karena membicarakan orang lain sama seperti memakan bangkai saudara sendiri, dan jika apa yang dibicarakan tersebut salah, maka akan jatuh fitnah. Fitnah adalah membicarakan keburukan orang lain yang tidak benar atau yang sebenarnya tidak dilakukan orang itu. Tujuan dari fitnah adalah untuk menjatuhkan orang lain karena memiliki perasaan dendam atau iri hati, selain itu biasanya orang yang suka memfitnah karena ingin orang yang tidak ia suka dijauhi banyak orang sehingga tidak memiliki teman. Tentu saja tidak ada hal yang dapat membuat kita untung dengan memfitnah malah akan menjadikan kita terlihat seperti penipu dan pembawa kayu bakar . ketika kita memfitnah orang lain maka kita akan mendapatkan dosa sedangkan orang yang kita fitnah akan mrndapatkan pahala, maka akan sangat rugi jika kita melakukan tindakan tercela ini.


BACA JUGA: DOA MOHON REZEKI

 Ada beberapa cara untuk menjauhkan diri dari sifat fitnah diantaranya seperti, menghindari membicarakan irnag lain baik itu benar sekalipun, pandai memilih teman bergaul, banyak membaca istigfar, banyak instropeksi diri, menjaga pikiran dari hal-hal negatif, berkumpul dengan orang-orang sholeh, banyak membaca al-qur'an agar dijauhkan dari hal-hal yang tidak baik, serta tidak menilai orang hanya dari keburukannya saja.



 Mungkin, sebagian dari kita juga memiliki perasaan was-was takut jika justru kita yang ditimpahi fitnah oleh orang lain, namun, jangan jadikan fikiran itu membawa kita kepada hal hal negatif melainkan lebih baij jika kita berserah diri kepada Allah dan terus berusaha memperbaiki dan berbuat baik kepada semua orang, selain itu salah satu cara untuk menghindarkan diri dari fitnah adalah dengan membaca doa sebagai berikut:

Doa Terhindar dari Fitnah

Allahumma inni as-aluka fi’lal khoirat wa tarkal munkarat wa hubbal masakin. Wa idza arad-ta bi ‘ibaadika fitnatan, faq-bidh-nii ilaika ghaira maf-tuun..

Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu taufiq untuk bisa mengamalkan semua kebaikan, meninggalkan semua kemungkaran, dan bisa mencintai orang miskin. Jika Engkau menghendaki untuk menimpakan ujian (fitnah) bagi hamba-hamba-Mu, maka wafatkanlah aku, tanpa terkena fitnah itu.

BACA JUGA: DOA PAGI HARI

 Disarankan agar memperbanyak membaca doa diatas selepas sholat agar diri kita senantiasa terhindar dari fitnah dan agar kita juga terhindar dari melakukan perbuatan fitnah tersebut, karena alangkah indahnya jika kita saling menyayangi dan saling mengasihi kepada sesama muslim tanpa memiliki penyakit hati yang dapat menimbulkan perpecahan diantara kita.
Semoga bermanfaat, Wasalamualaikum wr. wb.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel