Doa Sholat Tahajud - Juragan Do'a -->

Doa Sholat Tahajud

Daftar Isi [Tampil]
 Doa Sholat Tahajud - Assalamualaikum wr. wb...
   Sebagai umat muslim, kita memiliki kewajiban untuk beribadah, seperti firman Allah swt. Dalam surah az-zariyat ayat 56 yang artinya: aku tidak menciptakan manusia dan jin melainkan agar mereka beribadah kepadaku. Ayat tersebut menunjukkan bahwa bukan manusia saja yang diberi kewajiban untuk beribadah melainkan golongan jin juga. Kewajiban beribadah ini sangat luas tidak hanya meliputi sholat melainkan semua yang terkandung dalam rukun islam,rukun iman, dan sunnah yang diajarkan rasulullah saw.

 Beribadah dibagi menjadi dua yakni ibadah mahdah dan ibadah ghairu mahdah. Dimana ibadah mahdah merupakan ibadah yang tata cara dan aturannya sudah ditetapkan allah serta diajarkan rasulullah saw. Sedangkan ibadah ghairu mahdah adalah ibadah yang tata caranya tidak dijelaskan dalam al-qur'an, biasanya menjadi bentuk spontanitas ketika kita melihat sesuatu tang hati kita tergerak untuk melakukannya seperti menolong orang lain.

BACA JUGA: SHOLAT SUNNAT ISTIKHOROH

 Berbicara tentang ibadah mahdah, ibadah mahdah sendiri meliputi hal yang wajib dan sunnah. Hal-hal wajib itu adalah ibadah yang apabila kita tinggalkan akan menimbulkan dosa,diantaranya adalah sholat lima waktu dan berpuasa di bulan ramadhan.  Sedangkan ibadah sunnah sendiri diantaranya sholat dhuha, tahajud, puasa rajab, dan lain sebagainya.
 Pada pembahasan kali ini, tentu kita tidak asing mendengar ibadah sholat tahajud. Sholat tahajud merupakan sholat sunnah dua rakaat yang dikerjaan pada sepertiga malam. Sholat tahajud tidaklah berbeda dengan sholat shubuh, yang membedakan keduanya hanya niat.
 Usai melaksanakan sholat tahajud kita dianjurkan untuk berdoa, memohon kepada Allah swt dengan khusyuk, dengan doa  sebagai berikut:

Doa Sholat Tahajud



ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA'DUKAL HAQQU, WA LIQAA'UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU 'ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA'ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA 'ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A'LANTU, WA MAA ANTA A'LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU'AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAR


BACA JUGA: SHOLAT SUNNAT DHUHA

Artinya:
"Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itubenar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."


Selain membaca doa diatas, kita juga disarankan untuk mengawali doa dan permohonan kita kepada Allah dengan membaca sholawat dan puji-pujian kepada rasulullah saw. Contoh sholawat yang bisa dibaca untuk mengawali doa tersebut adalah:

Astaghfirullah, Alladzii Laa Ilaaha Illaa HuwalHayyul Qayyumu wa Atuubu Ilaihi

Artinya: “Aku memohon ampun dan bertaubat kepada Allah yang tak ada tuhan (berhak disembah) kecuali hanya Dia, Dzat yang Maha hidup kekal dan berdiri sendiri”

  Waktu sepertiga malam merupakan salah satu waktu yang mujarab dikabulkannya doa diantara waktu baik lainnya, oleh karena itu tidak ada salahnya kita membaca doa dan sholawat serta tidak terburu buru setelah menyelesaikan ibadah sunnah sholat tahajud yang kita lakukan. Semoga kita juga semakin istiqomah dalam menjalanakan ibadah sunnah yang lain. Aamiin. Semoga bermanfaat
Wasalamualaikum wr. wb.

Salam..


Jurgandoa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel