Doa, Pengertian dan Tata Sujud Sahwi - Juragan Do'a -->

Doa, Pengertian dan Tata Sujud Sahwi

Daftar Isi [Tampil]
Doa, Pengertian dan Tata Sujud Sahwi - Asalamu'alaikum sobat juragandoa, gimana kabar kalian hari ini? semoga dalam keadaan sehat walafiat. Aamiin. Baiklah pada pertemuan kali ini kita akan membahasa Doa dan Pengertian Sujud Sahwi.

Lupa atau tidak ingat akan suatu hal adalah hal yang wajar bagi manusia, namun disini yang kita bicarakan tentu dalam hal sholat. Bahkan  Nabi Muhammad SAW pun pernah lupa rakaat pada melaksanakan sholat.

Alhamdulillah kita sebagai umat tidak mesti bingung masalah hukum apapun, begitu juga mengenai lupa di dalam sholat ini, sebab Allah SWT telah memberikan nikmat kepada para hamba-Nya dengan mengutus para Nabi-Nya dari kalangan manusia. Sehingga memungkinkan bagi mereka untuk meniru beliau dalam semua peristiwa kehidupannya.

Doa, Pengertian dan Tata Sujud Sahwi

Termasuk saat beliau lupa dalam sholat. Sehingga umatnya bisa meniru apa yang beliau lakukan ketika lupa dalam sholat.

Suatu ketika Nabi hallallahu ‘alaihi wa sallam lupa jumlah rakaat ketika shalat. Seusai shalat, beliau ditanya para sahabat, apakah ada perubahan jumlah rakaat shalat?

Jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, Saya hanyalah manusia biasa. Saya bisa lupa sebagaimana kalian lupa. Jika saya lupa, ingatkanlah aku. Jika kalian ragu tentang jumlah rakaat shalat kalian, pilih yang paling meyakinkan, dan selesaikan shalatnya. Kemudian lakukan sujud sahwi. (HR. Bukhari & Muslim).

Kata sahwi sendiri  memiliki arti lupa. Disebut sujud sahwi, karena sujud ini dilakukan ketika lupa dalam sholat. Untuk itulah,  sujud sahwi disyariatkan dalam rangka menutup kekurangan ketika sholat yang disebabkan karena lupa.
 

Syarat Melakukan Sujud Sahwi

Ada beberapa keadaan yang menyebabkan seseorang disyariatkan untuk melakukan sujud sahwi. Pertama

Baca Juga: 10 Doa Mustajab Jadi Amalan Yang Paling Dicari

Kekurangan rakaat

Saat terjadi kekurangan rakaat sholat dan baru sadar seusai sholat, maka langsung menambahkan jumlah rakaatnya yang kurang lalu sujud sahwi setelah salam.

Kelebihan jumlah rakaat

Ketika ada orang yang kelebihan jumlah rakaatnya, maka langsung sujud sahwi setelah salam.

Meninggalkan tasyahud awal.

Meninggalkan tasyahud awal karena lupa, terdapat 2 keadaan:

- Jika Baru teringat setelah berdiri sempurna ke rakaat berikutnya, dalam kondisi ini, kita tidak perlu turun lagi, dan melanjutkan sholatnya sampai selesai. Kemudian nanti sujud sahwi sebelum salam.

- Jika Baru teringat sebelum bangkit ke rakaat berikutnya, dalam kondisi ini kita langsung duduk tasyahud dan melanjutkan sholat sampai selesai.

 Jika kita  lupa atau ragu - ragu jumlah rakaat, kita bisa menentukan mana yang lebih meyakinkan. Dalam keadaan ini,  kita cukup ambil yang lebih meyakinkan, kemudian sujud sahwi setelah salam.

Jika kita lupa jumlah raka'at nya dan ragu ragu berapa jumlah raka'at nya kita bisa memilih raka'at yang paling sedikit kemudian sujud sahwi setelah salam

Tata Cara Sujud Sahwi


Selain itu, dalam tata cara sujud sahwi juga tidak perlu mengerjakan tasyahud setelah sujud sahwi yang kedua.

Jadi cukup ketika melakukan sujud sahwi, bertakbir untuk sujud pertama, lalu sujud. Kemudian bertakbir lagi untuk bangkit dari sujud pertama dan duduk sebagaimana duduk antara dua sujud (duduk iftirosy).

Baca Juga: Doa Harian Pendek Sesuai Sunnah

Setelah itu bertakbir dan sujud kembali. Lalu bertakbir lagi, kemudian duduk tawaruk. Setelah itu salam, tanpa tasyahud.

Jika dikerjakan sebelum salam, maka tata cara sujud sahwi adalah dua kali sujud setelah tasyahud akhir sebelum salam, dilakukan sebagaimana sujud dalam sholat.

Bacaan Sujud Sahwi

سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو
“Subhana man laa yanaamu wa laa yas-huw”

Artinya: "Maha Suci Dzat yang tidak mungkin tidur dan lupa”

Wallahu a’lamu Bisshowab

Lupa itu bisa terjadi dimana saja,  kita bisa lupa entah dipekerjaan atau saat kita sedang melakukan shalat, atau kegiatan sehari-hari karena memang salah dan lupa adalah sifat nya manusia, namun jika tertinggal bukan hal sholat tidak terlalu masalah tetapi sebaliknya lupa dalam hal sholat kita harus mempelajari bab sujud sahwi ini.

Wasalammu'alaikum - salam Juragandoa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel