Doa Ketika Melihat Musibah atau Tertimpa Musibah - Juragan Do'a -->

Doa Ketika Melihat Musibah atau Tertimpa Musibah

Daftar Isi [Tampil]
Doa Ketika Melihat Musibah atau Tertimpa Musibah - Sekarang ini di mana-mana lagi banyak musibah, tidak juga sih sob dari dulu juga musibah mah ada saja ya?! entah itu musibah banjir , seperti banjir bandang. Emang musimnya kalo sudah ada hujan terus banjir, mesti ada juga tanah longsor. Sebab, di Negara kita ini tahu sendiri banyak daratan yang tidak datar, terus hutan hampir habis di ekploitasi, gunung-gunung menjadi gundul sama bebatuannya juga dihancur-hancur dijadikan untuk bahan semen dan berbagai macam bahan bangunan lainnya.
Ya memang kita ini menyadari banget-banget sih, tapi sudah gimana lagi sudah menjadi kebutuhan kita ya sob?! kita butuh semen untuk membangun rumah kita, membangun sekolahan untuk anak-anak kita, membangun jembatan, kantor dan masih banyak bangun-membangun yang tidak mesti saya sebutkan satu persatu disini.

Doa Ketika Melihat Musibah atau Tertimpa Musibah

Terus mesti gimana kalau sudah begini? ya sudah sementara kita belum ada solusi untuk menanggulangi itu semua, ya emang lebih bagus kita mencegah kalau bisa, tapi kayak nda bisa ya sob, sudah menjadi kebutuhan wajib kayaknya. Sementara satu-satunya jalan yang kita lakuin dengan berdoa, cuma itu yang bisa gunakan senjata sebagai andalan pamungkas kita.

Sebagai seorang muslim yang baik dan berpegang teguh kepada iman kepada Allah, kita tetap harus berserah diri atas apa yang terjadi baik yang kita lihat atau terjadi menimpa kita, dan selalu percaya ini sudah ketentuan dari-Nya yang terbaik, jelek atau buruk, baik dan tidak baiknya kita sebagai manusia tidak bisa berhak menilainya, karena hanya Allah yang tau dari semua apa-apa yang terjadi di muka bumi ini dan kebenaran yang hakiki.
 
Setiap yang kejadian yang menimpa kita, sudah pasti terkandung hikmah didalamnya dan rencana Allah yang insyaAllah yang terbaik untuk setiap mahluknya dimuka bumi, kita harus tetap istiqomah berdoa untuk memperoleh kebaikan, baik untuk diri sendiri dan maupun orang-orang sekitar dan lingkungkan serta negara indonesia tercinta ini. Semoga bencana tidak diperkenankan untuk menimpa kepada kita oleh Allah.

Dan kalaupun kita sudah terjadi dan melihat atau mendengar ada suatu bencana menimpa, baik pada suatu tempat ataupun menerpa pada seseorang, maka kita disunahkan untuk segera berdoa kepada Allah agar bencana tersebut tidak menimpa kepada kita.

Berikut adalah doa yang diajarkan oleh Rasulallah SAW. Segera bacalah ketika kita melihat atau mendengar bencana turun, Doa ini disebutkan dalam kitab Sunan Tirmidzi dan Alazkar, dari Abu Hurairah, dari Nabi saw. bersabdaُ:

Yang artinya: "Barangsiapa melihat sebuah bencana, lantas membaca doa ini"

Doa-doa tersebut kami sertakan dibawah ini;

Doa Ketika Melihat Musibah atau Tertimpa Musibah


Jika kita melihat orang terkena musibah segeralah baca Doa ini;

Alhamdulillahilladzi ‘afani mimma ibtalaka bihi wa faddhalani ‘ala katsirin mimman khalaqa tafdhila

Artinya: "segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari apa yang menimpamu dan memberikan keutamaan kepadaku atas makhluk lainnya".

Imam Nawawi dalam kitabnya al Azkar menyebutkan, para ulama menganjurkan agar doa di atas dibaca pelan. Hanya dirinya saja yang mendengar dan tidak boleh orang yang terkena bencana mendengar. Hal ini dimaksudkan agar tidak menyakiti perasaan orang yang lagi terkena bencana tersebut,

Doa dibaca Ketika Terkena Musibah

Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji'un. Allâhumma ajirnî fî mushîbatî wa akhlif lî khairan minhâ.

Artinya: "Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya."

Baca Juga: 10 Doa Mustajab Jadi Amalan Yang Paling Dicari

Doa dibaca Supaya Terhindar dari Banjir


Allaahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa. Allaahumma ‘alal akaami wal jibaali waddhiroobi wa buthuunil audiyati wa manaabitis syajari."

Artinya: "Ya Allah turunkanlah hujan di sekitar kami dan tidak di atas kami. Ya Allah turunkan hujan di bukit-bukit, pegunungan, dataran tinggi, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan. Tiba-tiba berhenti. Kami keluar masjid di bawah terik matahari". (HR Bukhori Muslim)

Doa dibaca Ketika ada Musibah Gempa Bumi

اَللَّهُمّ إِنّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا، وَخَيْرَ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ؛ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا، وَشَرِّمَافِيْهَا وَشَرِّمَا أَرْسَلْتَ بِهِ
"Allâhumma innî asaluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a’ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi"

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang didalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan."

Doa dibaca Ketika terjadi Gunung Meletus


اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الهَدْمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْغَرَقِ، وَالْحَرَقِ، وَالْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطَانُ عِنْدَ الْمَوْتِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِرًا، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ لَدِيغًا
Allahumma inni a’udzubika minal hadmi wa audzubika minat taraddy wa audzubika minal gharaqi, wal haraqi, wal harami wa audzubika an yatahabbatani syaitan indal maut. Wa audzubika an amuuta fi sabilika mudbiran wa audzubika an amuta ladighan.

Baca Juga: Doa, Pengertian dan Tata Sujud Sahwi

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kebinasaan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari bahaya saat terjatuh. Dan aku berlindung kepada-Mu dari tenggelam, terbakar, dan pikun. Dan aku juga berlind ung kepada-Mu dari bahaya setan saat aku meninggal. Dan aku berlindung kepada Engkau dari meninggal di jalan-Mu dalam keadaan melarikan diri dari Jalan-Mu. Serta aku berlindung kepada-Mu dari meninggal dalam keadaan tersengat.”

Doa dibaca Agar Terhindar dari Bencana Kebakaran

Allaahumma anta robbi laa ilaaha illa anta 'alaika tawakkaltu wa anta robbul 'arsyil 'adhiim. Maasyaa Allahu kaana wamaa lam yasya' lap yakun. La haula walaa quwaata illa billahil 'aliyyil 'adhiim. A'lamu annallahha 'alaa kulli syaiin qodliir. Wa innallahaqod ahatho bikulli syai in 'ilmaa. Allahumma inni a'uudzubika min syarri nafsii wa min syarri kulli daabbtin anta aakhidzu binaa shiyatihaa inna robbii 'alaa shiroothin mustaqiim."

Artinya: "Ya Allah Engkau Tuhanku, tiada Tuhan selain Engkau, kepada Engkau aku berserah diri, Engkaulah TUhan 'arsy yang besar, apa yang dikehendaki Allah terjadilah dan apa yang tidak dikehendaki oleh Allah tidak akan terjadi, tidak ada daya dan upaya kekuatan hanya dengan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Besar. Aku mengetahui bahwa Allah telah melihat segala sesuatu itu dengan pengetahuanNya. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu daripada kejahatan diriku dan dari kejahatan segala yang melata di dunia ini. Engkau ya Allah yang mengambil dengan pundaknya segalanya. Sesungguhnya Tuhanku adalah pada jalan yang lurus."

Baca Juga: Doa ketika Bersin dan Doa Ketika Mendengar Bersin

Bencana yang terjadi bukanlah karena tidak sayangnya Allah terhadap kita sebagai mahluknya, tapi semata-semata adalah sebagai peringatan untuk manusia-manusia yang nyata-nyata telah berbuat kerusakan dimuka bumi ini, hanya memikirkan keuntungan dan memperkaya diri sendiri dan golongan. Tidak pernah sedikitpun menghiraukan apa yang akan terjadi dikemudian hari, bencana melanda akibat perbuatannya, banjir terjadi karena tidak ada lagi hutan-hutan resapan.

Musibah dan bencana bisa terjadi di mana dan kapan saja tanpa kita tau kapan akan terjadinya, oleh sebab itu kita harus bisa mawas diri dan berserah kepada Allah SWT,  kita berpasrah dan berserah serta memohon perlindungan kepada Allah SWT, serta menyakini tiada yang sia- sia apapun yang Allah berikan entah itu musibah atau kesenangan semua atas ijin dari Allah SWT.

Semoga kita semua terhindar dan dijauhkan dari bencana yang menimpa kita dan keluarga kita, semoga Allah melindungi kita semua dan memberikan yang  terbaik untuk kita dan semoga kita di beri keiklasan untuk menghadapi ujian atau apapun yang telah Allah tetapkan untuk kita. Aamin

Semoga kita semua bisa menjadi peribadi yang lebih baik lagi.

Wasalamu'alaikum - Juragandoa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel