Doa ketika Bersin dan Doa Ketika Mendengar Bersin - Juragan Do'a -->

Doa ketika Bersin dan Doa Ketika Mendengar Bersin

Daftar Isi [Tampil]
Doa ketika Bersin dan Doa Ketika Mendengar Bersin - Asalamu'alaikum Sobat tercinta Juragandoa, pada kesempatan ini kita akan membahas Doa ketika Bersin dan Doa Ketika Mendengar Bersin

Pada musim penghujan kita akan sering mejumpai banya terkena gejala flu, yaa mungkin sudah menjadi hukum alam kali ya sob? Sebelum masuk ke tahap flu terkadang kita terkena bersin-bersin. yaa bersin bisa juga gejala kita akan terserang flu atau cuma alergi, tidak harus terkena flu pun kita bisa mengalami yang nama nya si-bersin ini.
 
Di dalam islam di segala hal bahkan di  perkara sekecil apapun pasti mempunyai aturan yang sudah diatus oleh agama, bersin inipun ada etika dan doa saat kita bersin atau kita mendengar orang lain bersin.

DOA KETIKA BERSIN DAN MENDENGAR ORANG BERSIN
 
Jadi intinya begini, ketika kita bersin, maka di anjurkan untuk membaca doa, sedangkan orang yang mendengar kita bersin, orang tersebut juga dianjurkan untuk mendoakan kita yang bersin, dan bagi orang yang bersin menjawabnya atau berdoa kembali.

Pada saat kita bersin juga mempunyai etika yang harus kita lakukan pada saat hendak bersin

1. Mengarahkan tangan kanan ke depan lubang hidung dan membelakangi orang lain (jika keadaan ramai atau banyak orang). ini dilakukan agar ingus yang keluar tidak menyebar kemana-mana dan tidak terkana orang lain. Akan lebih baik jika kita sedang tidak enak badan atau bersin- bersin kita sedia tisu atau sapu tangan.

2. Membaca doa. Sebagai seorang muslim pada saat bersin kita anjurkan untuk mengucap syukur kepada Allah Swt dengan berdoa, berikut ini adalah doa ketika sedang bersin dan  doa ketika mendengar orang lain bersin berserta artinya.

Baca Juga: 10 Doa Mustajab Jadi Amalan Yang Paling Dicari

Doa Setelah Bersin

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ
ALHAMDULILLAAH

Artinya: “Segala puji bagi Allah.”

Doa diatas di baca jika diri sendiri yang bersin, kemudian jika kita mendengar orang lain bersin maka doanya adalah sebagai berikut.

Doa Orang yang Mendengar Bacaan Hamdalah

يَرْحَمُكَ اللهُ
YARHAMUKALLAAH

Artinya: “Semoga Allah merahmatimu.”

Lalu jika orang lain mengucapkan doa diatas, kemudian kita membalas dengan doa dibawah ini, doa ini merupakan doa kedua atau doa sebagai jawaban kepada orang yang mendoakan kita.

Doa Bagi yang Mendengar Bacaan di atas

يَهْدِيْكُمُ اللَّهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ
YAHDIIKUMULLAAH WA YUSHLIH BAALAKUM

Artinya: “Semoga Allah memberi petunjuk dan memperbaiki keadaan kalian.”

(HR. Bukhari)

Maksud dari doa diatas ialah ketika kita bersin membaca "Alhamdulillah", kemudian jika kita atau orang lain mendengar bersin membaca " yarhamukalloh" (mendoakan orang yang bersin), lalu kita membalas menjawab doa orang tersebut dengan membaca " yahdikumulloh wa yashilu balakum" (sebagai balasan/jawaban doa untuk orang yang mendoakan kita)

Baca Juga: Doa, Pengertian dan Tata Sujud Sahwi


  Islam begitu indah bukan?! saat ada orang lain yang mendoakan kita kita berkewajiban mendoakan balik orang tersebut, disinilah hubungan yang harmonis antara sesama insan yang memeluk agama Allah,sejatinya ketika kita mengamalkan dengan bersungguh-sungguh ajaran islam secara kaaffah (menyeluruh) maka tidak akan ada lagi saling curiga antar sesama.

Demikian lah kita telah sama- sama  belajar tentang etika dan doa saat kita bersin, semoga bermanfaat dan semoga bisa menjadi pembelajaran buat kita semua. Aamiin

 Wasalamu'alaikum - Juragandoa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel