Doa akan Membaca Al-Quran - Juragan Do'a -->

Doa akan Membaca Al-Quran

Daftar Isi [Tampil]
Assalamualaikum wr. wb.

   Doa akan Membaca Al-Quran - Sebagai seorang muslim, sudah sepatutnya kita menjalankan ibadah. Ibadah sendiri terbagi dua, yakni ibadah ghairu mahdah dan ibadah  mahdah. Ibadah ghairu mahdah sendiri ialah ibadah yang tata caranya tidak diatur oleh Allah, seperti menolong orang lain, kita bebas menolong orang lain dengan berbagai cara yang kita mampu, tidak ada aturan tetap bagaimana kita harus menolong orang lain.


Sedangkan ibadah ghairu mahdah adalah ibadah yang tata cara dan aturannya sudah ditetapkan oleh dalam Al-qur'an dan disempurnakan dengan hadits-hadits rasulullah saw. Ibadah mahdah ini terbagi menjadi dua juga, yakni ibadah wajib dan ibadah sunnah. Contoh dari ibadah wajib sendiri seperti sholat lima waktu dan menjalankan puasa di bulan ramadhan. Sedangkan, ibadah sunnah sendiri mencakup banyak hal, seperti sholat dhuha, tahajud, puasa rajab, membaca al-qur'an dan lain-lain. Semua ibadah itu telah Allah atur tentang bagaimana melakukannya. Ketika kita tidak melaksanakan ibadah wajib maka kita akan mendapatkan dosa, sedangkan jika kita melaksanakan ibadah sunnah kita akan mendpaat pahala dan ketika meninggalkannya kita tidak berdosa.

BACA JUGA: Sholat sunnat tasbih

    Alangkah baiknya jika kita membiasakan diri untuk melakukan banyak ibadah sunnah, karena hal tersebut dapat menggugurkan dosa kita juga. Selain menggugurkan dosa,ibadah sunnah memiliki banyak manfaat. Seperti sholat dhuha yang dapat memperlancar rizki, membaca al-qur'an memiliki menfaat menenangkan hati dan pikiran serta membuat diri kita tidak dilingkupi rasa takut dan cemas. Membaca al-qur'an mungkin sudah menjadi ibadah rutin yang dilakukan banyak orang muslim, mereka yang sudah mencintai al-qur'an biasanya telah menemukan ketenangan jiwa ketika membaca ayat-ayat al-qur'an dan akan merasakan ada yang hilang jika tidak membaca al-qur'an.

Ada beberapa adab untuk membaca Al-qur'an seperti:

1.    Mengambil air wudhu
2.    Menghadap kiblat
3.    Memakai pakaian yang bersih dari najis dan kotoran
4.    Berada ditempat yang bersih
5.    Membaca taawudz sebelum memulai membaca al-qur'an
6.    Membaca al-qur'an dengan suara yang tidak terlalu keras melainkan lirih dan tenang
7.    Menutup aurat
8.    Berdoa sebelum membaca al-qur'an dengan doa sebagai berikut:

Doa akan Membaca Al-Quran

Allohummaftah 'alayya hikmataka wansyur 'alayya roma taka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikroom

BACA JUGA: Tata Cara Sholat Hajat

Artinya : Ya Tuhan bukakanlah hikmahMu padaku , bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah saya terhadap apa yang saya lupa , wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

   Dengan menganalkan adab-adab tersebut, semoga ibadah membaca al-qur'an kita bukan hanya menjadi ladang pahala melainkan dapat meraih kesempurnaan, dapat membuat hati kita tenang, dan jiwa kita merasa lebih lapang. Dengan membiasakan membaca al-qur'an juga semoga membentuk peribadi kita menjadi orang yang cinta al-qur'an dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, aamiin aamiin yra.

Semoga bermanfaat - Wasalamualaikum wr. wb.

Salam - Juragandoa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel